Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Lamteng Sinergi Pantau Prokes Upacara Umat Hindu Piodalan | Bhayangkara Nusantara

Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Lamteng Sinergi Pantau Prokes Upacara Umat Hindu Piodalan

 157 total views

GUNA memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Babinsa Koramil 411-06/Seputih Raman Peltu Ngatno Hendriatno dan Bhabinkamtibma Rama Dewa Polsek Seputih Raman sinergi dengan umat Hindu di Lampung Tengah dengan hadiri upacara keagamaan umat Hindu Piodalan di Pura Puseh Dusun IV, Kampung Rama Dewa, Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah, Rabu (20/1/21).

Keduanya melakukan kegiatan pemantauan acara tersebut karena diikuti sekitar 50 orang umat Hindu yang melakukan ibadah. Terlihat pula Kakam Rama Dewa, Tokoh Adat Bali Rama Dewa dan masyarakat.

Piodalan itu sendiri merupakan kegiatan keagamaan umat Hindu dalam rangka memperingati Hari Jadi Pura. Upacara Piodalan atau Odalan adalah sebuah ritual upacara keagamaan Hindu yang dikenal sebagai peringatan hari lahirnya atau hari ulang tahun sebuah Pura.

Baca Juga:  Kodim 0411/LT Gelar Latbak Program TW IV Tahun 2020
Baca Juga:  Usai Tandatangani MoU dengan KKP, Menarik... Kapolri Idham Sapa Edhy Prabowo "Adinda Menteri"

Bagi umat Hindu, upacara Piodalan merupakan upacara yang diadakan setiap enam bulan sekali atau 210 hari sekali. Dalam artian upacara untuk menyampaikan rasa terima kasih atau rasa syukur atas anugerah yang berlimpah dari Hyang Widhi Wasa.

Di tempat terpisah, Danramil 411-06/Seputih Raman Kapten Inf Suprobo mengatakan, keberadaan Babinsa dalam kegiatan keagamaan selain untuk memonitoring wilayah binaan juga merupakan sarana komunikasi sosial.

“Komandan Kodim 0411/LT Letkol Inf Andri Hadiyanto, M.Han senantiasa memerintahkan seluruh anggotanya untuk terus mengimbau tentang disiplin protokol kesehatan, cuci tangan, jaga jarak dan memakai masker, semua untuk kebaikan kita semua,” tambahnya.

“Semoga dengan kehadiran Babinsa dan juga Bhabinkamtibmas kegiatan keagamaan yang dilaksanakan tetap dalam koridor protokol kesehatan (prokes),” tutupnya. BoRnok-Lamteng

Komentar Anda
+1
0
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0