Atlit Nasional Asal Sangihe Ini Dulu Harumkan Indonesia, Kini Nasibnya... | Bhayangkara Nusantara

Atlit Nasional Asal Sangihe Ini Dulu Harumkan Indonesia, Kini Nasibnya…

 358 total views

AGUSTINA Bawele, atlit Nasional asal Sangihe yang telah beberapa kali mengharumkan nama Indonesia di sejumlah kejuaraan Dunia dan SEA Games kini nasibnya terabaikan. Punggawa atletik beprestasi mendunia ini terpaksa pulang ke kampung halaman untuk menjadi tulang punggung keluarga setelah ayahnya meninggal dunia.

Kini pelari gawang atlit Nasional ini sangat berharap sentuhan dan perhatian dari pemerintah. Pasalnya sejumlah prestasi yang pernah diraihnya sebagai sprinter untuk mengharumkan nama Indonesia di kejuaraan Dunia ternyata tidak membuat dirinya mendapatkan kehidupan yang layak.

Sejak tahun 2015 lalu, Agustina Bawele tak pernah mendapatkan fasilitas dari negara seperti yang dialami atlit berprestasi lainnya berupa bonus rumah, uang tunai ataupun difasilitasi untuk boleh mendapatkan pekerjaan di pemerintah menjadi PNS.

Atlit
Agustina Bawele sprinter dan pelari gawang nasional
Baca Juga:  Pringsewu Kabupaten Terbaik III Penghargaan Pembangunan Daerah
Baca Juga:  Konsisten Berbagi Kasih, PNU Bantu Mahasiswa dan Warga Nustar Terdampak Covid-19

Agustina yang saat ini telah kembali ke kampung halamannya di Kecamatan Menganitu, Kabupaten Sangihe, Provinsi Sulut, menuturkan kisah perjuangannya yang pernah meraih prestasi medali Emas pada kejuaraan Dunia di Thailand.

Ia juga pernah meraih medali Perak dan Perunggu pada SEA Games dan sederet prestasi lainnya. Namun ironis, saat ini dirinya tidak memiliki pekerjaan tetap. Meskipun saat masih di Jakarta dia sempat bekerja di perusahaan Sampoerna Tbk.

Atilit
Agustina Bawele sprinter dan pelari gawang nasional
Baca Juga:  Terkini... Pasien Positif Covid-19 Boyolali Tambah 3 Orang

Agustina Bawele ketika ditemui media ini mengakui kalau dirinya belum mendapatkan perhatian sedikitpun dari Pemerintah Pusat maupun daerah, sehingga dia sangat berharap ke depan dapat diberikan pekerjaan demi masa depan yang lebih baik.

“Saya tidak meminta lebih dari pemerintah, tapi kalau boleh ada perhatian dan diberikan pekerjaan untuk menopang kehidupan keluarga dan hari esok yang lebih baik. Saya kini menjadi tulang punggung keluarga setelah ayah kami meninggal dunia,” ungkap Agustina.

Di tempat terpisah, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Daerah Kabupaten Sangihe, Novilius Tampi mengatakan, keberadaan atlit nasional asal daerah dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap peningkatan prestasi olahraga, terutama cabang olahraga atletik.

Ketua KONI Sangihe
Ketua KONI Daerah Kabupaten Sangihe, Novilius Tampi

Menurut Tampi, KONI sebagai induk organisasi akan segera merekrut dan memprioritaskan Agustina Bawele dalam persiapan berbagai event di semua tingkatan kejuaraan, baik sebagai atlit maupun bagian dari upaya menciptakan regenerasi atlit yang tangguh di daerah Sangihe.

Memang segudang prestasi pernah ditorehkan Agustina Bawele dalam event kejuaraan Nasional, SEA Games dan Dunia di sejumlah negara untuk cabang olahraga atletik dengan meraih medali Emas, Perak dan Perunggu, sehingga dengan bukti ini memastikan kalau atlit ini layak diperhatikan oleh pemerintah. Adrianto – Sangihe

Komentar Anda
+1
1
+1
0
+1
1
+1
1
+1
1
+1
0
+1
0