Aktivitas Tambang Timah Ilegal, Polda Babel: Terbukti Langgar Hukum, Kami Proses | Bhayangkara Nusantara

Aktivitas Tambang Timah Ilegal, Polda Babel: Terbukti Langgar Hukum, Kami Proses

 1,451 total views

AKTIVITAS penambangan timah khususnya di kawasan Merbuk, Kenari dan Punguk belakang terlihat sepi, tidak ada kegiatan penambangan timah ilegal. Padahal sebelumnya kegiatan tersebut marak dilakukan masyarakat sekitar.

Mereka kerap melakukan pengambilan timah melalui ponton isap (TI Apung Rajuk). Namun aktivitas mereka kini terlihat sepi lantaran sering dirazia aparat kepolisian.

Sebelumnya diberitakan dua orang terduga kolektor timah, IS dan SM diamankan anggota Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Bangka Belitung terkait penambangan timah di seputar Kolong Mmerbuk, Kenari dan Punguk. SM diketahui merupakan salah seorang Ketua Panitia Simpang Perlang.

Baca Juga:  Terjadi di Berau, Lahan Sah Milik Warga Digusur Perusahaan Tambang Multinasional
Baca Juga:  Ada Pabrik Kompor Gas di Sidoarjo Pekerjakan Ratusan Karyawan, Izin Usahanya Dipertanyakan

Kedua terduga IS dan SM dijemput langsung Ditreskrimsus pada Rabu (28/4/21) di kediamannya, tepatnya di daerah Koba. Tak hanya itu, beberapa penambang yang tidak diketahui namanya turut dipanggil untuk dimintai keterangan Ditkrimsus Polda Babel.

Dirkrimsus Polda Babel Kombes Pol Haryo Sugihartono membenarkan pihaknya telah mengamankan terduga kolektor dan penambang lainnya terkait kegiatan penambangan ilegal di lahan eks Kobatin tersebut.

Guna memastikan kelanjutan proses hukum kedua tersangka, IS dan SM di Kolong, Merbuk, Kenari dan Pungguk, media ini mencoba memastikan proses hukum selanjutnya dengan menghubungi Kabid Humas Polda Babel (Bangka Belitung) Kombes Pol. Drs. A. Maladi.

“Ya, kalau terbukti melanggar pasti akan ditindaklanjuti proses hukumnya,” ungkap Kombes Maladi melalui pesan WhatsApp. Tim Puskominfo – Babel

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
2
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0