AKEN Kembali Gelar Pameran Indonesia Sustainable Procurement Expo 2023

 

JAKARTA,– Asosiasi Katalog Elektronik Nasional (AKEN), kembali sukses menyelenggarakan Indonesia Sustainable Procurement Expo (ISPE) 2023. Pameran kali ini mengusung tema Pengadaan Berkelanjutan melalui Transaksi E-Katalog dan Sinergi Produk Global dalam Rangka Penguatan Industri Produk Dalam Negeri dan Ramah Lingkungan

Pameran di Hall A JIExpo Kemayoran Jakarta selama dua hari, 15 dan 16 Maret 2023 ini merupakan kali kedua sukses diselenggarakan AKEN bekerjasama dengan Keren Indonesia sebagai event organiser.

Bhayangkara Nusantara

ISPE tahun ini diselenggarakan bersamaan dengan perayaan HUT Ikatan Fungsional Pengadaan Indonesia (IFPI) yang ke 7.

Gelaran kegiatan AKEN ini disertai pelaksanaan seminar, diskusi panel, serta rapat kerja nasional AKEN yang menjadi sarana pelaku pengadaan barang dan jasa untuk bisa saling bersinergi dan menjawab tantangan pengadaan barang dan jasa di tahun 2023.

Pada pembukaan pameran ini dihadiri sejumlah tokoh-tokoh penting di bidang pengadaan barang dan jasa seperti Dr. Hendrar Prihadi, S.E., M.M. selaku Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), Dr. Roni Dwi Susanto selaku Dewan Penasehat IFPI, Indra Patrianto selaku Kepala BPPBJ DKI yang mewakili Ishak Saing selaku Tenaga Ahli Utama Kantor Staff Presiden, Tri Wahyu Widodo, S.Sos, MM selaku Ketua Umum IFPI, Muhamad Ishak selaku Kepala Dewan Pembina AKEN, dan Soegiharto Santoso selaku Ketua Umum Aptiknas dan juga menjadi salah satu Dewan Pembina AKEN.

Bhayangkara Nusantara

Kepala LKPP Dr. Hendrar Prihadi, S.E., M.M, menyampaikan apresiasi atas kesuksesan AKEN dan IFPI menggelar pameran ini. Ia bergarap kolaborasi antar stakeholder pengadaan barang dan jasa ini bisa terus ditingkatkan dan berkelanjutan di masa depan.

Kepala LKPP Hendrar juga memaparkan 5 arahan Presiden Joko Widodo pada Pengadaan barang dan jasa. Dia mengatakan, kelima arahan itu, yang pertama adalah peningkatan penggunaan produk dalam negeri (PDN), lalu porsi usaha mikro, kecil, dan koperasi.

Baca Juga:  Ratusan Wisatawan Mancanegara Kunjungi Pasar Extrim Tomohon, Danau Limow dan Rumah Panggung Woloan

Bhayangkara Nusantara

“Yang ketiga adalah memastikan transparansi PBJ, kemudian mengupayakan efisiensi Belanja Pemerintah, dan yang terakhir adalah mempercepat penyerapan anggaran pemerintah,” ungkapnya.

Pencapaian pengadaan barang dan jasa pemerintah tahun lalu menjadi tolak ukur dan sekaligus motivasi untuk peningkatan target di tahun 2023. Dan sebagai tuan rumah, Ketua Umum AKEN Sutardi Huang memberi semangat kepada para stake holder pengadaan untuk berusaha mencapai target penyerapana anggaran sebesar Rp. 500 Trilliun transaksi di E-Katalog.

Acara ini secara resmi dibuka oleh Kepala LKPP Hendrar dan didampingi Ketua Umum AKEN Sutardi, serta para tamu VIP lainnya.

“ISPE tahun ini dikuti oleh lebih dari 1000 peserta di hari pertama. Dan tentunya melalui event ini AKEN sangat mendukung arahan presiden terkait pengadaan barang dan jasa,” ujar Ketum AKEN Sutardi di sela kegiatan.

ISPE kali initurut didukung oleh LKPP, KADIN, IFPI, IAPI, APTIKNAS dan disponsori oleh Huawei Indonesia. Serta disponsori berbagai brand dalam negeri seperti Onesia, Micro Vision, Axioo, Panasonic , Selis Motor Listrik, Chitose dan berbagai brand internasional seperti AMD, Sangfor, Hik Vision, Hisense, Canon, Prolight, Infocus dan Samsung.

Bhayangkara Nusantara

Ketum APTIKNAS Soegiharto Santoso mengaku bangga bisa menjadi bagian dari lembaga yang ikut mendukung pelaksanaan event ini. “APTIKNAS akan mendorong seluruh pelaku bisnis di Indonesia agar dapat berpartisipasi menyerap anggaran belanja pemerintah yang mencapai 500 triliun rupiah tahun ini,” ujar Hoky sapaan akrabnya.

Dengan konsistensi AKEN mendukung program LKPP untuk memaksimalkan penyerapan anggaran APBN dan sistem yang sesuai ketentuan LKPP, Hoky mengatakan, hal itu bisa meminimalisir kebocoran atau penyalahgunaan penggunaan dana APBN.***

Sumber : DPP APTIKNAS

Komentar Anda