Ada Perpustakaan Bergerak Viral, yang Buat Ternyata Polisi Pangkat Bripka | Bhayangkara Nusantara

Ada Perpustakaan Bergerak Viral, yang Buat Ternyata Polisi Pangkat Bripka

 75 total views

KEGIATAN membaca merupakan salah satu aktifitas yang sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Anak-anak yang suka membaca pengetahuannya akan sangat luas, karena di dalam buku tersimpan berbagai macam ilmu pengetahuan.

Untuk mendapatkan buku-buku yang berkualitas ada di berbagai sarana yang disediakan, mulai dari perpustakaan keluarga, perpustakaan sekolah dan perpustakaan umum milik pemerintah.

Dengan sarana ini kita dapat menikmati ragam buku dalam perpustakaan, karena perpustakaan merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk mengakses bacaan.

Perlu disadari bahwa budaya membaca buku di rumah pada umumnya masih sangat rendah dan faktor ini bukan hanya kesalahan dari anak-anak, tetapi bisa juga berasal dari orangtua atau guru sekolah serta lingkungannya.

Baca Juga:  Bhabinkamtibmas Jatiranggon Pondok Gede Sambangi Wartawan Korban Lakalantas, Bachtiar: "Saya Terkejut"
Baca Juga:  Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra “MH” Terindikasi Kuat “Money Politik”

Sebagian besar orangtua tidak peduli dengan lemahnya minat baca anak.
Hal ini bisa dilihat dari kebiasaan anak-anak Indonesia, baik yang ada di kota maupun di desa, mereka cenderung lebih banyak bermain dibanding membaca ataupun belajar

Menyikapi hal ini, di samping melaksanakan tugas rutinnya sebagai Bhabinkamtibmas Sukanegara/Polsek Bangunrejo, Lampung Tengah, Bripka Leonardo terpanggil untuk melakukan terobosan dengan membuka “Lapak Baca Gratis” dengan pola “Pustaka Bergerak” bersama tim relawan taman baca yang berlokasi Bangunrejo, Lampung Tengah, sabtu (2/4/21)

Tujuannya adalah untuk mengajak anak agar gemar membaca buku-buku ilmu pengetahuan daripada banyak bermain game dengan ponselnya.

Bersama tim relawan taman baca, Bripka Leo demikian sapaannya, berkeliling menggunakan kendaraan pribadi roda empatnya ke tempat-tempat yang dapat menarik minat anak untuk membaca buku secara gratis dengan cara berpindah-pindah di berbagai tempat.

Ini yang disebutnya dengan istilah Pustaka Bergerak, baik itu lapangan bola, taman-taman, kantor, rumah warga atau tempat-tempat di lainnya dengan fasilitas buku-buku bacaan serta sarana pendukung lain, yaitu tikar sebagai alas tempat duduk dan sarana lainnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan cara 5 M.

Leo mengatakan, kegiatan yang dilakukan murni dari niat dan rasa kepeduliannya melihat semakin menurunnya niat membaca bagi anak-anak saat ini, khususnya bagi anak-anak di Kecamatan Bangunrejo.

Tujuan selanjutnya untuk memberikan edukasi kepada anak, betapa pentingnya membaca buku pendidikan serta ilmu pengetahuan untuk bekal bagi masa depan generasi penerus bangsa.

“Maka dengan adanya lapak baca gratis ini, kami mengimbau dan memohon perhatian orangtua, pemerintah, swasta, pengusaha ataupun pencinta dunia pendidikan dan para donatur kiranya berkenan  menopang dan membantu kegiatan kami agar ke depannya dapat meningkatkan pelayanan secara maksimal melalu sarana maupun prasarana yang lebih baik,” papar Leo.

Dengan demikian, nantinya dapat meningkatkan antusias anak lebih gemar lagi untuk membaca dan belajar. “Sekiranya ada donatur sudah menyediakan sarana pos penerima bantuan, baik berupa bantuan buku bacaan maupun donasi yang lainnya dan atas bantuannya kami ucapkan banyak terimakasih,” pungkas Bripka Leonardo. BoRnok – Lamteng

Komentar Anda
+1
0
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0