Ada-ada saja … Penambangan Galian C Tak Berijin Alias Bodong

 40 total views

 

Gresik, Jatim, bhayangkaranusantara.com – Maraknya penambangan galian C yang tanpa mengantongi Ijin Usaha Pertambangan (IUP) sesuai dengan pasal 158,sanksi hukuman bagi pelanggar adalah 10tahun penjara dan denda Rp. 10 miliar. kali terjadi di Kabupaten Gresik, Kecamatan Benjeng, tepatnya di Desa Jatirembe dan Desa Pundut trate. Dari hasil penelusuran beberapa awak media dan rekan LSM Front Pembela Suara Rakyat (FPSR) mendatangi tempat penambangan galian C tersebut pada hari senin tanggal 19 juli 2021.

Pada waktu tim awak media mendatangi tempat penambangan yang terletak di Desa Jatirembe, Kecamatan Benjeng kita bertemu dengan bapak dengan inisal (Du) yang menerangkan bahwa “penambangan ini sudah ijin ke Polres dan Polda mas. Kita baru memulai penambangan ini dua hari.” katanya.

Bapak dengan inisial Du juga menjelaskan bahwa, ” Untuk alat beratnya eskavator ini milik Kaji inisial (M), dan lahan persawahan ini milik bapak dengan inisial (Sg).” jelasnya.

Baca Juga:  Wonorejo Timur, Terpilih Jadi Satu dari 100 Desa Cantik di Indonesia
Baca Juga:  Pasien Positif Covid 19 di Kabupaten Klaten Bertambah Lagi

Pada kesempatan itu juga Ketua LSM FPSR Aris Gunawan, SE menyampaikan, “untuk perorangan atau badan usaha yang akan melakukan penambangan harus memiliki Ijin Usaha Pertambangan (IUP) dari kementerian ESDM Propinsi. Dan jika penambangan ini tanpa mengantongi ijin alias bodong kita akan segera buat laporan ke Polda agar segera di tindak lanjuti pihak yang berwenang. Dan saya meminta pada pihak berwajib untuk bersikap tegas dalam hal ini, agar penambangan liar tidak terulang lagi.” ucapnya.

Perlu di ketahui juga bahwa lahan yg di tambang di Desa Jatirembe itu lahan persawahan, dan kita jumpai satu alat berat ekskavator, dan beberapa mobil dumptruk yang mengangkut tanah hasil galian untuk dikirim ke daerah Kecamatan Cerme. Dan untuk lahan di Desa Punduttrate rencana digunakan untuk embung, tampak keliatan satu alat berat dan beberapa dumptruk. Tim

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0