Abaikan Perpres, Pembangunan Jembatan Gantung Kali Tajum Tanpa Plang

 126 total views

Banyumas-(Bayangkaranusantara.com),-Proyek Pebangunan Jembatan Gantung Kali Tajum yang berada di Desa Tunjung, Kec. Jatilawang – Banyumas (Kab.) mulai di soroti warga setempat. Pasalnya, Pekerjaan proyek yang sudah berjalan sekitar tiga bulan tersebut tanpa papan nama proyek (plang).

“Pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan.” ungkap warga yang mengetahui betul tentang proyek itu.

Baca Juga:  99% Karhutla di Sumsel Disebabkan Ulah Manusia

Hal itu kemudian mendapat sorotan dari warga Desa Tunjung bahwa proyek pembangunan jembatan tersebut dinilai terdapat banyak kejanggalan, salah satunya tidak terpasang papan nama informasi sementara pengerjaan sudah berlangsung.

“Pelaksana Proyek harusnya memahami undang undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik KIP, semua masyarakat berhak tahu karena dana bersumber dari uang pajak rakyat, dan kembali untuk rakyat.” tegasnya.

Baca Juga:  Bantuan Covid-19 Beras 10 Kg di Desa Tanjung Beringin Tuai Kontroversi

Menurut kami selaku kontrol sosial juga mengikuti temuan dilapangan dengan adanya proyek tanpa papan nama sudah melanggar Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana pembinaan pekerjaan setiap bangunan yang dibiayai negara wajib mengatur nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau pekerjaan pekerjaan.

Hingga berita ini diturunkan belum juga ada papan nama proyek.(Tri)

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
2
+1
0
+1
0
+1
0