3 Tahanan Polres Luwu Timur Tersangka Kasus Korupsi Diserahkan Kekejaksaan

Satuan Tipikor Satuan Reserse Kriminal Polres Luwu Timur telah melakukan penyerahan tiga tersangka beserta barang bukti ke Kejaksaan Negeri Luwu Timur, Rabu, 20 September 2023.

Tersangka ketiga itu terkait dengan perkara dugaan tindak pidana korupsi penyelahgunaan dana penyertaan modal Pemerintah Kabupaten Luwu Timur ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) tahun anggaran 2018 dan 2019 untuk program hibah air minum bagi masyarakat rendah (MBR).

Tiga orang tersangka diantaranya Plt Direktur PDAM berinisial S, Bendahara berinisial N, dan Kabag Tehnis berinisial NS sudah diserahkan ke Kejaksaan Negeri Luwu Timur.

“Satuan Tipikor Polres Luwu Timur, sudah menyerahkan berkas perkara ke Kejaksaan, dan dinyatakan lengkap (P21) oleh pemanggilan umum (JPU), selain tersangka barang bukti juga sudah diserahkan,” ujar Kasi Humas Polres Lutim

Diketahui, pada kasus tidak pidana korupsi di PDAM Malili, Luwu Timur ini terdapat kerugian negara sebesar Rp 763 juta yang bersumber dari APBD Pemkab Lutim tahun 2018 -2019.

Adapun modus operandi para tersangka yakni melakukan pengeluaran uang untuk biaya pendataan MBR yang tidak berhak, lalu membuat pertanggungjawaban fiktif, kemudian melakukan Mark Up pertanggungjawaban pembuatan pipa ulir, dan kelebihan pembayaran tarif pemasangan SR.

Kemudian melakukan pengeluaran dana yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, melakukan Mark up bukti pengeluaran pembayaran upah kepada buruh atas pekerjaan gali, pasang dan timbun, terakhir mereraka melakukan pencairan uang yang tidak dapat dipertanggungjawabkan

Komentar Anda
Baca Juga:  Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Polres Luwu Timur Sosialisasi dan Pelaksanaan Vaksin Anak Usia 6 Tahun