4 Langkah Mudah Cek Hoaks | Bhayangkara Nusantara

4 Langkah Mudah Cek Hoaks

 1,260 total views

Serupa virus, berita palsu atau berita hoax (hoaks) juga sangat cepat menyebarnya. Umumnya, berita hoax mudah dan cepat menyebar melalui media sosial dan pesan berantai di instant messanger (IM). Orang-orang yang menerima pun sering kali langsung memercayainya tanpa melakukan cross check terlebih dahulu.

Padahal, berita yang diterima belum tentu benar keberadaannya atau bahkan sama sekali salah. Mungkin kamu pernah menjadi salah satu bagian dari korban berita hoaxTak jarang, berita hoax juga memakan korban. Masih ingat dengan berita seorang pria yang sedang mencari sanak saudaranya di Pontianak diamuk masa hingga tewas karena dikabarkan sebagai penculik? Mungkin itu hanya segelintir. Masih banyak berita-berita nggak jelas yang memakan korban.

Baca Juga:  Wujudkan Pilkada Damai, Kapolsek Bukit Batu Ingatkan Bahaya Hoaks dan Isu SARA
Baca Juga:  Luar Biasa... Polisi Selebriti Mampu Jadi Agen Pemerintah untuk Tangkal Hoax

Kamu pasti nggak mau, dong, jadi korban berita hoaks? Untuk itu, selalu pastikan jika berita atau pesan berantai yang kamu terima adalah benar. Dikutip dari tagar.id pada artikel berjudul Empat Langkah Mudah Cek Berita Hoax atau Bukan, Dimaz Fathroen, seorang praktisi anti hoax sekaligus alumni Institut Teknologi Bandung (ITB), menjelaskan bahwa sebuah berita yang diterima bisa dicek kebenarannya dengan empat cara. Berikut langkah-langkahnya:

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0