224 Desa di Purbalingga Digelontor Dana Desa Ratusan Miliar, Perangkat Digembleng

 55 total views,  2 views today

PARA kepala desa (kades) dan perangkat desa baru di Kabupaten Purbalingga menjalani kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa mulai Selasa sampai Kamis (1-3/9) di Indragiri Hall Kompleks Owabong, Bojongsari. Mereka diminta memahami semua regulasi agar tidak terjerat kasus hukum.

Kegiatan ini diikuti 9 kades dan 453 perangkat desa baru. Potensi terjerat persoalan hukum karena anggaran bantuan dari pemerintah semakin besar, sehingga harus tertib administrasi.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan strategis agar betul-betul memahami tupoksi tugas dan tanggung jawabnya sebagai aparatur pemerintahan desa. Mungkin masih ada hal hal yang belum dimengerti setelah sekian bulan terjun bertugas, silakan bisa ditanyakan dan kegiatan ini dimanfaatkan dengan baik,” tutur Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, SE, BEcon, MM, Selasa (1/9/20).

Lebih lanjut dikatakan, Presiden RI memberikan perhatian luar biasa kepada desa, karena ingin membangun Indonesia mulai dari pinggiran, memperkuat daerah dan desa, sehingga Dana Desa (DD) dari tahun ke tahun selalu meningkat. Tahun 2019 untuk Purbalingga digelontorkan Rp. 237 miliar sedangkan tahun 2020 naik menjadi Rp. 239 miliar untuk 224 desa.

Satu desa mengelola anggaran hampir Rp. 1 miliar sehingga memiliki keleluasaan membangun, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pemberdayaan desa. Termasuk ketika dilanda Covid-19 dimana seluruh OPD Pemkab Purbalingga anggarannya dipotong mengikuti aturan SKB Kemenkeu agar memangkas belanja modal dan belanja barang dan jasa minimal 35 persen. Hanya satu anggaran yang tidak dipotong bahkan ditambah, yaitu anggaran Dana Desa (DD),” katanya.

Bupati kembali mengingatkan, dengan semakin banyak anggaran yang dikelola desa, semakin besar risiko. Karenanya, aparatur pemerintahan desa diharapkan memahami aturan yang ada. Arif – Purbalingga

Komentar Anda

Baca Juga:  Walikota Tomohon Kembali Dilaporkan ke Bawaslu, Pelanggarannya Ini...

+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1