Zaenab Zuraidah Latif Buka Muskab IV Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bangkalan 2020

Zaenab Zuraidah Latif Buka Muskab IV Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bangkalan 2020

MUSYAWARAH Kabupaten (Muskab) IV Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bangkalan Tahun 2020 dengan tema “Optimalisasi Kinerja DWP Sebagai Mitra Strategis Pemerintah Untuk Suksesnya Pembangunan Nasional” digelar Rabu (11/3/2020) di Balai Diklat BKPSDA Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Hadir pada kesempatan tersebut, Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bangkalan Zaenab Zuraidah Abdul Latif, SE dan Wakil Hj. Sunarti Mohn, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bangkalan Ir. Hj. Ishafijati Setijabudhi, MM, Ketua Panitia Muskab IV Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bangkalan Endang Sahir, Ketua dan pengurus DWP Kabupaten Bangkalan 30 orang, Ketua Unpel dan pengurus DWP OPD 234 orang, Ketua Unpel dan pengurus DWP Kecamatan 54 orang dengan jumlah peserta 318 orang.

Kegiatan Muskab IV Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bangkalan ini secara resmi dibuka Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bangkalan Zaenab Zuraidah Abdul Latif, SE.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Muskab IV DWP Kabupaten Bangkalan Endang Sahir mengatakan, Muskab IV DWP Kabupaten Bangkalan tahun 2020 yang diselenggarakan DWP Kabupaten Bangkalan ini menindaklanjuti hasil Musprov IV DWP Provinsi Jawa Timur yang telah diselenggarakan 12 Februari 2020 lalu di kantor Gubernur Jawa Timur.

“Acara ini terselenggara atas partisipasi seluruh unsur pelaksana DWP OPD dan Kecamatan se-Kabupaten Bangkalan,” ungkapnya.

Dalam Muskab IV kali ini dibahas juga tentang rancangan penyempurnaan anggaran dasar, rancangan rencana strategis DWP dan program kerja DWP masa bakti 2019 – 2024, laporan pertanggungjawaban Ketua DWP masa bakti 2014 – 2019 dan pengesahan Ketua DWP masa bakti 2019 – 2024.

Sementara dalam sambutannya, Penasehat DWP Kabupaten Bangkalan, Zaenab Zuraidah Latif, SE mengatakan, kegiatan hari ini merupakan salah satu sumbangsih dalam pengabdian kepada bangsa, negara, dan masyarakat.

Baca Juga:  Raih Juara Favorit, Zaenab Zuraidah Bawa Bangkalan "Bersinar" di Gelaran Kriya Dekranasda Jatim 2020

“Berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Dharma Wanita Persatuan, muskab adalah forum tertinggi dalam organisasi untuk menetapkan Ketua DWP Kabupaten, mengevaluasi laporan pertanggungjawaban Ketua DWP yang bersangkutan, serta menetapkan keputusan-keputusan lain yang berkaitan dengan perencanaan dan pelaksanaan program kerja dharma wanita persatuan,” kata Zaenab.

Muskab ini dilaksanakan dalam 5 tahun sekali setelah pelaksanaan musyawarah nasional dan musyawarah provinsi. Oleh karena itu dalam musyawarah kabupaten berkewajiban menyampaikan hasil musyawarah nasional dan musyawarah provinsi.

Pada kesempatan ini, istri Bupati Bangkalan ini menitipkan beberapa poin untuk menjadi dorongan bagi DWP Kabupaten Bangkalan dalam memberikan pengabdian yang lebih optimal, demi kemajuan organisasi dan masyarakat.

“Pertama, dalam merencanakan dan menjalankan program dan kegiatan, hendaknya senantiasa menyelaraskan dengan program kegiatan yang ditetapkan oleh pemerintah sehingga kita bisa saling bahu-membahu, melakukan sinergi kegiatan sehingga sasaran lebih optimal,” kata Zaenab Zuraidah.

Kedua, kata Ketua TP PKK Bangkalan tersebut, sebagai organisasi kemasyarakatan yang membina istri ASN, hendaknya kita bisa semakin mendorong prestasi atau kinerja suami lebih maksimal.

Ketiga, hendaknya para pengurus dan anggota DWP Kabupaten Bangkalan turut aktif mengikuti perkembangan informasi dan program prioritas yang telah ditetapkan dan yang telah dilakukan pemerintah. Harapannya dapat ikut serta melakukan sosialisasi pada segenap kelompok elemen masyarakat.

“Keempat, saya berharap pada segenap anggota DWP Kabupaten Bangkalan untuk terus meningkatkan kapasitas pengetahuan, dengan harapan dapat menjadi teman diskusi dan perbincangan yang memadai dengan pikiran dan rasionalitas suami sebagai ASN,” tandasnya.

Zaenab juga menegaskan, salah satu peran utama istri ASN adalah menciptakan ketahanan keluarga, yakni mewujudkan sebuah keluarga yang dibangun berdasarkan prinsip-prinsip saling menghargai, mempunyai kewajiban dan hak yang sama, dan selalu meyakini bahwa keberhasilan dalam karir dan keluarga adalah sebuah upaya yang memerlukan waktu, kerja keras, dan kegigihan.

Baca Juga:  Safari Ziarah Kabupaten Bangkalan, Zaenab Zuraidah: "Kembalikan Lagi Sejarah yang Pernah Ada"

Selain itu para istri ASN harus senantiasa memupuk dan merawat solidaritas, serta kesetiakawanan sosial dalam keluarga. Hal ini diwujudkan dalam bentuk sikap saling memahami dan menanamkan nilai-nilai dalam keluarga yang didasarkan pada keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta senantiasa membudayakan prilaku hidup yang baik, santun , bertenggang rasa, menghargai sesama, tertib, dan taat hukum.

“Kiranya ini bisa menjadi motivasi dan daya dorong bagi semua pihak, khususnya para anggota DWP Kabupaten Bangkalan untuk bekerja lebih baik,” kata Zaenab.

Di tempat yang sama, Ketua DWP Kabupaten Bangkalan, Ir. Hj. Ishafijati Setijabudhi, MM mengungkapkan, Muskab DPW ini adalah yang keempat kalinya diadakan setelah pelaksanaan Munaslub Dharma Wanita pada tahun 2000. Muskab pertama diadakan pada tahun 2005, selanjutnya tahun 2010, 2015, dan tahun ini Muskab IV tahun 2020.

“Muskab sebagai forum tertinggi organisasi adalah tindak lanjut dari pelaksanaan musyawarah nasional dan musyawarah provinsi,” ujarnya.

Dalam muskab ini akan disampaikan hasil-hasil dari musyawarah nasional dan musyawarah provinsi, serta akan dibahas tentang rencana/program kerja kabupaten dan pemilihan Ketua DWP Kabupaten untuk periode 2019-2024.

Pada kesempatan ini pengurus DWP Kabupaten Bangkalan juga menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh ketua unsur pelaksana dan pengurus DWP OPD dan Kecamatan se-Kabupaten Bangkalan atas partisipasi dan kesediaan untuk hadir dalam acara musyawarah kabupaten ini.

“Utamanya kami sampaikan rasa hormat dan terimakasih yang tak terhingga kepada ibu Zaenab Zuraidah Abdul Latif selaku Penasehat DWP Kabupaten Bangkalan, dan Hj. Sunarti Mohni selaku Wakil Penasehat DWP Kabupaten Bangkalan, atas kesediaannya hadir memenuhi undangan kami,” paparnya. MCM/BN01 – BANGKALAN

Facebook Comments