Walikota, Wakil Walikota dan DPP IKISST Sepakat Tulude Kota Manado 5 Februari 2020

Walikota, Wakil Walikota dan DPP IKISST Sepakat Tulude Kota Manado 5 Februari 2020

 2 total views,  1 views today

Akhirnya Tulude bersama, Pemerintah Kota Manado dengan DPP IKISST disepakati jatuh pada Rabu, 05 Februari 2020. Menurut rencana akan digelar di lapangan Sparta Tikala, depan Kantor Walikota Manado.

Kesepakatan ini dicapai antara Walikota DR. Godbless Sofcar Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, Wakil Walikota Mor Bastian dengan Ketua Umum DPP IKISST Prof. DR. Urbanus Naharia, M.Si. Ketiga tokoh penting itu bersepakat, Tulude Kota Manado digelar 05 Februari 2020.

Sementara itu menyinggung tentang persiapan gelaran Pesta Adat Tulude menurut ketua Panitia Pelaksana Drs. Pontowuysang Kakauhe kepada awak media bhayangkaranusantara.com Jumat, (31/01) mengatakan persiapan demi persiapan terus dimatangkan. “Baik yang bersifat teknis maupun non teknis rampung 90%,” tandas Kabid Olah raga, Dispora Manado itu.

Bukan cuma itu kata Kakauhe, panitia pelaksana saat ini telah benar-benar siap menggelar acara Pesta Adat Tulude dalam ritualistik kehikmatan sakralitas, bersyukur, memuji dan menyembah kepada Sang Alkhalik dalam rangkaian acara yang ditata apik. “Sehingga acara berlangsung meriah dan semarak,” tandas lelaki yang juga selaku Sekretaris IPSI Sulut

Sementara persiapan penting lainnya yang tengah dilakukan panitia yakni menyangkut baju kebesaran adat, Paporong, untuk Walikota dan Wakil Walikota. “Design maupun modelnya tengah dirancang sedetil mungkin sesuai panduan pembuatan baju adat,” tutur Kakauhe.

Instruktur dan pelatih bela-diri Pencak Silat, bersertifikat Nasional itu dalam bincang-bincangnya dengan bhayangkaranusantara.com mengatakan, acara akan didahului oleh arak-arakan prosesi Kue Adat Tamo disertai selebrasi group masamper masal, tari Gunde, Tagonggong dan musik bambu.

“Dilanjutkan persiapan dan penyambutan Walikota Manado yang dipertuan-Agungkan sebagai Raja bersama Permasyuri didampingi Wakil Walikota, Tokoh-tokoh Nusa Utara, Ketua Umum dan Pengurus Besar DPP IKISST memasuki tempat upacara Pesta Adat Tulude,” tambahnya

Baca Juga:  Soliditas TNI –Polri dan Instansi Lain dalam Peringatan HUT ke 72 RI

Acara yang dihelat setiap awal tahun itu menurut Kakauhe didanai dan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Manado, tahun anggaran 2020.

“Oleh karena itu baik secara pribadi, panitia, DPP IKISST dan Warga Kota Manado asal Nusa Utara pada umumnya bangga dengan kepedulian serta perhatian Pak Walikota Manado dalam melestarikan nilai-nilai budaya, adat-istiadat Nusa Utara,” tandas kandidat kuat Ketua DPC IKISST Kota Manado. Johny lalonsang – Sulut

Facebook Comments
%d bloggers like this: