Walikota Vicky Lumentut Ikuti Upacara Harkitnas Secara Virtual

Walikota Vicky Lumentut Ikuti Upacara Harkitnas Secara Virtual

PAGI ini Walikota Manado, DR. Ir. GS. Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA mengikuti Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 112 tepatnya 20 Mei 2020 dengan Inspektur Upacara Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G Plate yang digelar secara Virtual.

Usai upacara Vicky Lumentut mengatakan, momentum perayaan Harkitnas harus jadi suntikan semangat kebangkitan bersama dalam rangka melawan pandemi Covid-19 yang telah mewabah di seluruh dunia, termasuk di Sulut lebih khusus Kota Manado.

“Kiranya Harkitnas yang kita peringati hari ini akan menjadi penyemangat dalam upaya meredam penularan virus Corona lewat kerja keras, kita bergerak bersama, sehati, sepikir agar pandemi ini bisa tertangani dengan segera,” ucap GSVL.

GSVL menyebut, penanganan, pengendalian dan pencegahan virus Corona harus ditanggapi secara arif dan bijaksana juga bagaimana peran seluruh masyarakat dapat beradaptasi bahwa ada hal normal yang baru dari pandemi ini.

“Jadi virus Corona ikut membentuk sebuah pola adaptasi dalam kehidupan masyarakat. Ada normal baru di dalamnya. Kita tidak boleh mengasumsikan Corona minggu ini sudah selesai, atau bulan depan bisa hilang. Yang paling relevan adalah membiasakan diri dengan gaya hidup normal baru,” jelas pemimpin cerdas ini.

Apa itu normal baru, kata GSVL, masyarakat yang dulunya mungkin menganggap remeh, cuci tangan, menjaga jarak, memakai masker saat di luar rumah, dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Dengan adanya virus korona, pola atau kebiasaan normal yang dulunya berbeda kini sudah harus dijalankan dengan cara baru.

“Sekali lagi virus Corona sama seperti penyakit lainnya akan hidup ‘berdampingan’ dengan kita. Karena itu protokol kesehatan yang berulang saya sampaikan sewajibnya diikuti secara disiplin dengan kesadaran diri, kita juga tidak bisa menebak setelah Corona,” tandasnya.

Baca Juga:  Alhamdulillah Polres Pringsewu Sudah Berdiri

“Selanjutnya penyakit apa yang akan muncul, tapi kalau kita sudah terbiasa jaga jarak, pakai masker, rajin cuci tangan, dan hidup sehat juga bersih paling tidak akan meminimalisir kita tertular penyakit apapun,” tukas mantan Ketua Umun Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia ini.

Sementara itu, GSVL meminta agar rakyat Sulut khususnya Kota Manado tidak mudah termakan hoax di tengah pandemi Corona. “Jangan mudah dihasut, apalagi sampai memecah-belah persatuan dan kesatuan. Seharusnya pandemi ini kita lawan dengan bergandengan tangan.

Lumentut bahkan selalu menyampaikan dalam kiat Pemkot Manado membantu rakyat, asas keadilan, namun berpedoman pada aturan yang berlaku jadi acuan kita. “Kebijakan yang saya dan kawan-kawan Pemkot sedang dan yang akan dijalankan, semata-mata untuk kebaikan dan keselamatan bersama,” tambahnya.

Lebih dari itu, GVSL juga tidak sedang menjadikan masa sulit ini sebagai ajang pencitraan pribadi. “Harkitnas melalui pergerakan organisasi Budi Utomo dalam menggalang perjuangan rakyat melawan kolonial Belanda, seharusnya terpatri dalam gerak juang kita,” ujarnya.

“Ayo kita menjadi pendobrak cara buruk memecah-belah. Terus jaga semangat persatuan dan kerja bersama. Semoga Tuhan senantiasa memberikan kita hikmat dan kebijaksanaan serta perlindungan dalam upaya bersama melawan virus Corona. Terima kasih, salam sehat, salam cerdas dan salam rukun selalu,” tutup GSVL. Jola – Sulut

Facebook Comments