Walikota Lumentut Terbitkan Edaran Bagi Masker Gratis, Razia ASN dan Siswa

Walikota Lumentut Terbitkan Edaran Bagi Masker Gratis, Razia ASN dan Siswa

JIKA sebelumnya Walikota Manado Dr. Vicky Lumentut menerbitkan Surat Edaran meliburkan siswa PAUD, SD dan SMP di wilayahnya belum lama ini, dan mengeluarkan Surat Edaran tentang libur ASN khusus pejabat Eselon IV, THL di lingkup Pemkot Manado, kini Lumentut menerbitkan Surat Edaran yang ditujukan kepada Camat, Lurah, Kaling dan masyarakat Kota Manado dan para tokoh Agama.

Adapun isi dan bunyi Surat Edaran Walikota Manado antara lain sebagai berikut:

1. Seluruh Camat se-Kota Manado bersama dengan seluruh jajarannya (Lurah dan Kepala-Kepala Lingkungan) di wilayahnya masing-masing agar terus melakukan pemantauan terhadap potensi penyebaran virus Corona di wilayahnya masing-masing, dan segera melaporkan kepada Satgas Kesiapsiagaan dan Kewaspadaan Pencegahan dan Pengendalian Terhadap Penularan Covid-19 Pemkot Manado, atau melalui Call Center Manado Siaga 112 bila menemukan kasus suspect (terindikasi kuat) COVID-19 di lapangan.

2. Mengimbau masyarakat atau jemaat untuk tidak panik, dan tetap tenang dalam menerima informasi tentang penyebaran Covid- 19, serta tidak turut menyebarkan informasi yang tidak dapat dipastikan kebenarannya atau hoax terkait Covid-1 9.

3. Mendata, melaporkan dan mewajibkan semua warga masyarakat di wilayahnya masing-masing yang telah melakukan perjalanan ke luar daerah (dalam/luar negeri) untuk melaporkan diri ke pemerintah setempat (kepala lingkungan/lurah) dengan menyampaikan daerah yang telah dikunjungi serta tempat domisili setelah kembali.

4. Memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat dan jemaat, terkait Covid-19 tentang cara mencegah penularannya dengan cara rajin mencuci tangan menggunakan sabun anti bakteri, memakai masker yg baik ketika sedang sakit, menggunakan handsanitizer, menutup hidung dan mulut dengan lengan atas ketika batuk atau bersin, mengurangi kontak fisik dengan orang lain terutama dengan individu yang sakit, atau benda-benda yang dapat menyebarkan virus, mengganti jabat tangan dengan ucapan santun sambil meletakkan telapak tangan kanan di dada kiri, serta menyampaikan anjuran agar segera menghubungi Call Center 112 bila mengalami gejala demam, batuk, sesak dan gangguan pernafasan atau memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah. Tenaga medis di Call Center 112 kemudian akan menentukan apakah pelapor dapat berobat secara mandiri ke puskesmas/rumah sakit terdekat, atau dijemput oleh tim khusus yang sudah dibentuk untuk menangani kasus tersebut langsung di lokasi tempat tinggal pelapor. Informasi dan edukasi dapat disampaikan dalam bentuk penyampaian melalui pengeras suara dan/atau sosial media kelompok.

Baca Juga:  Rapid Test Massal Digelar di Pasar Desa Galeh, Tangen, Sragen

5. Mengimbau khusus kepada para orang tua/kepala rumah tangga untuk aktif pula memberikan edukasi dan pengawasan terhadap anak-anak dan anggota rumah tangga Ilainnya agar memanfaatkan waktu belajar dari rumah dan waktu sistem kerja working from home bagi para PNS, THL, honorer dan pekerja Iainnya secara benar serta harus berada dalam tempat tinggal kecuali dalam keadaan mendesak, seperti misalnya untuk memenuhi kebutuhan terkait pangan, kesehatan, dan ataupun keselamatan.

6. Mengimbau kepada masyarakat/jemaat agar semakin rajin berdoa dan beribadah meminta keselamatan dari ancaman Covid-19.

7. Menginformasikan untuk berkoordinasi dengan pemerintah setempat jika memerlukan bantuan atau informasi Iebih lanjut.

Sementara itu guna mengantisipasi dan mencegah makin meluasnya penyebaran wabah Covid-19, mantan Karo Perlengkapan Pemprov Sulut ini juga memantau situasi dan kondisi aktifitas jual beli kebutuhan sembilan bahan pokok dan jual beli lainnya sambil membagikan masker secara gratis kepada warga yang berada dikawasan Pasar Bersehati Manado atau yang dikenal dahulu Pasar ’45.

Tujuan pemberian masker gratis bermaksud agar mereka yang setiap harinya beraktifitas dan atau berjualan di pasar yang super sibuk ini untuk kebutuhan hidup sehari-hari dapat terbantu dengan pemberian masker secara gratis.

“Pemerintah Kota Manado akan terus melakukan pemantauan terhadap stock atau pun pasokan kebutuhan hidup sehari-hari baik yang berada dipasar Swalayan maupun pasar-pasar tradisional yang tersebar dikota manado,” tegas Lumentut.

Di bagian lain Kasat Pol PP Kota Manado Hanny Waworuntu kepada wartawan mengatakan, selama masa liburan ini, pihaknya akan terus melakukan razia secara berlanjut terhadap Siswa-siswi dan ASN yang berkeliaran di tempat-tempat umum, pusat-pusat perbelanjaan dan apabila ditemukan adanya ASN dan Siswa yang berkeliaran tanpa tujuan jelas, langsung diperintahkan kembali ke rumah mereka masing-masing.

Baca Juga:  Sidang Komisi Amdal, Pembangunan Tol Solo - Yogyakarta Diminta Perhatikan Nasib Petani

“Khusus buat para siswa kami mengedukasi mereka untuk kembali ke rumah dan belajar di rumah, libur ini bukan jalan-jalan atau berkerumun di tempat umum, begitu juga ASN dan THl jika ditemukan berkeliaran lagi maka kami akan melaporkan mereka kepada pimpinan SKPD-Nya,“ ucap Waworuntu. Jola – Sulut

Facebook Comments