Wakajati Sulut Buka Kegiatan SKD Pengadaan CPNS Kejaksaan RI TA 2019 Sistem CAT

Wakajati Sulut Buka Kegiatan SKD Pengadaan CPNS Kejaksaan RI TA 2019 Sistem CAT

WAKIL Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Sulut A. Dita Prawitaningsih, SH, MH, selaku Wakil Ketua Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kejaksaan RI Tahun Anggaran (TA) 2019 tingkat Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Utara (Sulut) didampingi Kepala Kantor Regional XI (BKN) Manado Wakiran, SH, MH membuka secara resmi kegiatan Seleksi Kopetensi Dasar (SKD) Pengadaan CPNS Kejaksaan RI TA 2019 dengan menggunakan sistem CAT, Rabu (19/02/20) sekitar pukul 14.00 WITA.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Regional XI (BKN) Manado, diikuti Wakajati Sulut, Kepala Kantor Regional XI (BKN) Manado, Asisten pembinaan Kejati Sulut, Panitia seleksi CPNS Kejaksaan RI, para peserta CPNS Kejaksaan RI dan petugas Security dari Kejaksaan dan BKN XI Manado.

Dalam sambutannya Wakajati Sulut A. Dita Prawitaningsih, SH, MH mengatakan, seleksi pengadaan CPNS Kejaksaan RI merupakan proses awal dalam upaya memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas dan berintegritas sehingga perlu dibentuk suatu sistem pengadaan yang dilandaskan pada prinsip-prinsip yang obyektif, transparan dan akuntabel.

Dengan demikian, dapat mencegah terjadinya tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme dalam proses pengadaan CPNS Kejaksaan RI dan tujuan yang hendak dicapai adalah dapat diperolehnya sumber daya manusia Kejaksaan RI yang berkualitas sesuai kebutuhan.

Selain itu, dalam sambutannya Kepala Kantor Regional XI (BKN) Manado Wakiran, SH, MH mengatakan SKD melalui Computer Assisted Test (CAT) ini tidak perlu diragukan lagi karena sistem pengamanannya telah lolos uji dari Badan Cyber dan Lembaga Sandi Negara dari Kominfo. “Untuk itu tidak perlu dikuatirkan karena ini sungguh sangat transparan. Maka penentu kelulusan ada pada calon pegawai itu sendiri,” ujarnya.

Ini adalah proses dari seleksi administrasi dan saat ini wajib mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar dan masih ada satu tahapan lagi yaitu Seleksi Kompetensi Bidang. Syaratnya telah memenuhi pasangret yang telah ditentukan.

Baca Juga:  Forkopimcam Musuk Sosialisasikan Cara Hidup Sehat Menuju Indonesia New Normal

“Maka selesaikanlah tes dengan fokus sehingga mendapatkan hasil yang optimal. Kami harapkan Kejaksaan mendapatkan putra-putri terbaik dari antara yang terbaik,” imbuhnya.

Selesai pembukaan, Wakajati didampingi Kepala Kantor Regional XI (BKN) Manado memantau langsung kesiapan pelaksanaan tes di ruangan peserta test, sesudah itu memantau tes yang sedang berlangsung melalui Layar monitor di ruangan yang telah disediakan.

Selain itu Wakajati Sulut juga memantau pelaksanaan tes yang disiapkan untuk umum melalui LCD Proyektor yang berada di halaman Kantor Regional XI BKN Manado.

Pemantauan tersebut dilakukan Wakajati Sulut guna memastikan proses Pengadaan CPNS Kejaksaan RI Tahun 2019 tingkat Kejati Sulut tersebut berjalan dengan tertib, aman, lancar, transparan dan bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Sebelum mengikuti tes, para peserta melakukan registrasi terlebih dulu yang dimulai pada pukul 13.00 Wita. Setelah itu dilakukan pemeriksaan badan oleh petugas dari Kejaksaan dan Security BKN bagi setiap peserta guna menghindari hal-hal yang melanggar ketentuan selama pelaksanaan tes.

Para peserta tes SKD ini adalah peserta yang telah terverifikasi sebanyak 390 orang, terdiri dari : 86 orang S1 Hukum/Calon Jaksa, 1 orang S1 Non Hukum, D3 tidak ada pendaftar, dan 302 orang SLTA / SMA.

Pelaksanaan tes SKD ini menggunakan Sistem CAT yang meliputi: Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan passing grade 126; Tes Intelegensi Umum (TIU) dengan passing grade 80; dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan passing grade 65.

Waktu pelaksaan Tes di bagi menjadi 2 hari. Hari Rabu 19/02/2020 sesi 4 dan 5, dan Hari Kamis 20/02/2020 sesi 1 dan 2. Persesi diikuti 99 peserta tes.

Adapun hasil dari tes SKD ini akan dikirimkan oleh Panitia Seleksi Pengadaan CPNS tingkat Kejati Sulut ke Panitia Seleksi Pengadaan CPNS tingkat Kejaksaan Agung RI untuk proses selanjutnya. Bagi yang dinyatakan lulus seleksi tes SKD dapat mengikuti tes tahap selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Baca Juga:  Penanganan Corona, Wabup Pringsewu Beri Arahan Kepada Camat dan APDESI

Selama berada di Kantor Regional XI BKN Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Wakajati Sulut didampinggi Asisten Pembinaan A. Syahrir Harahap, SH, MH selaku Sekretaris Panitia Seleksi CPNS Kejaksaan RI Tahun Anggaran 2019 tingkat Kejati Sulut, Kasubag Kepegawaian Marlyn Theresia, SH serta Kepala Seksi Penerangan Hukum Yoni E. Mallaka, SH. BERT – SULUT

Facebook Comments
%d bloggers like this: