Viral, Kehidupan Sederhana Sang Jenderal

Viral, Kehidupan Sederhana Sang Jenderal

VIRAL dengan foto bersandal jepit tengah menikmati teh dan makanan sederhana Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis belakangan ini jadi sorotan publik dan netizen.

Idham Aziz merupakan putra dari pasangan H Abdul Aziz dan Hj Tuti Pertiwi Aziz. Ayahnya, Alm Abdul Aziz sendiri seorang mantan anggota TNI dengan pangkat terakhir sersan mayor.

Idham Azis merupakan seorang perwira tinggi Polri berpangkat Jenderal yang saat ini menjabat sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, yang lahir di Kendari, 30 Januari 1963.

Selama ini Idham dikenal sebagai sosok tegas dan disiplin, dan memiliki kepribadian sederhana. Menariknya meski telah menjadi seorang perwira tinggi setingkat Kapolri, kesederhanaan itu tetap melekat padanya.

Jenderal polisi satu ini memang kerap terlihat sederhana di beberapa kesempatan. Bahkan orang-orang terdekatnya membenarkan hal tersebut.

Tak Mau Terlihat Mewah Saat Pulang Kampung
Kesederhanaan Idham Azis diungkap saudara perempuannya, Rita yang sedikit menceritakan tentang pribadi Jenderal Idham Azis yang tak mau terlihat mewah saat pulang ke Kendari.

“Meskipun sudah berpangkat bintang, Pak Idham kalau datang di Kendari tak pernah mau terlihat mewah,” ucap Rita.

Rita menambahkan, kakaknya tersebut tak pernah malu memakai sandal jepit dan pakaian tak mencolok saat berkeliling kota Kendari. Bahkan ia juga tak pernah membeda-bedakan ketika kerabatnya datang bersilaturahmi.

Kesederhanaan Jenderal Idham Azis salah satunya juga terlihat kakaknya itu saat berpergian, kadang ia menyetir mobil sendiri.

Kesederhanaannya ini, menurun dari sang ayah yang dikenal sebagai sosok disiplin dalam mendidik kelima putra putrinya, dimana sang Ayah dulu bertugas di Korem 143 Halu Oleo, Kendari.

Sudah Jadi Kapolri Tetap Bersandal Jepit
Meski telah menjadi seorang Kapolri, Jenderal Idham Azis tetap menjadi pribadi sederhana. Beredarnya sebuah foto Jenderal Idham Azis yang menjadi perbincangan publik saat ini adalah salah satu potret kehidupan sederhana sang Jenderal.

Baca Juga:  Serentak se-Indonesia, Baksos Kejaksaan RI Peduli Covid-19 Diikuti Kejati Sulut

Seperti dilansir dari akun instagram @berita_polisi_terkini dan beberapa akun milik kepolisian, tampak Jenderal Idham Azis tengah menikmati teh dan makanan sederhana. Ia duduk santai sambil mengenakan sandal jepit.

Kesaksian Mantan Guru Idham Azis
Tak hanya keluarga, mantan guru Jenderal Idham Azis, Hj Fatimah Hasan juga mengungkapkan hal yang sama. Ia menceritakan pribadi Idham saat masih duduk di bangku sekolah, dimana Jenderal Idham Azis pernah bersekolah di SD 8 Kendari, Kelurahan Kampung Salo, Kecamatan Kendari pada awal tahun 1970.

Menurut Hj Fatimah, Jenderal Idham Azis jarang bertingkah aneh saat sekolah. Bahkan ia selalu berhasil mengerjakan tugas saat masih duduk di bangku sekolah dasar.

“Dia saya ingat murid yang patuh, rajin di kelas. Mau salah atau benar, tugas dia berusaha selesaikan dan mau belajar,” ucap Hj Fatimah.

Hj Fatimah menambahkan, saat sekolah Jenderal Idham Azis dikenal pandai bergaul dan memiliki banyak teman. Bahkan ia termasuk siswa yang jarang bermain saat guru memberikan pelajaran.

Lebih mengejutkan lagi, kata Hj Fatimah, sang Jenderal Idham memiliki daya ingat yang baik dalam hafalan surat-surat pendek Alquran, bahkan ia termasuk salah satu yang paling baik saat itu.

“Tenang anaknya saat di kelas. Surat Al Fatihah, Al Ikhlas dan surat pendek lainnya cepat dia hafalkan,” kata Hj Fatimah mengisahkan. RED BN – JAKARTA

Facebook Comments