Terkait TJSL PT. Vale, Al – Manat Sampaikan Aspirasi kepada Ketua DPRD Lutim

Terkait TJSL PT. Vale, Al – Manat Sampaikan Aspirasi kepada Ketua DPRD Lutim

 4 total views,  1 views today

REGULASI terkait TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau CSR (Corporate Social Responsibility) sudah diatur dalam peraturan Perundang-Undang No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas pasal 74 ayat (1) bahwa “Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan tanggungjawab sosial dan lingkungan”.

Dalam ayat (2), tanggungjawab sosial dan lingkungan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan kewajiban perseroan yang dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya perseroan yang pelaksanaannya dilakukan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran.

Kemudian ayat (3), perseroan yang tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikenai sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Ayat (4), ketentuan lebih lanjut mengenai tanggungjawab sosial dan lingkungan diatur dengan Peraturan Pemerintah (PP).

Dalam pertemuan pengurus Al – Manat dengan Ketua DPRD Kabupaten Luwu Timur, Amran Syam yang dilaksanakan di rumah jabatan, Malili (19/3/2020), masalah TJSL perusahaan di wilayah Kabupaten Luwu Timur (Lutim) dan mangkraknya TJSL di PT. Vale jadi bahasan kedua pihak.

Dalam diskusi tersebut Ketua DPRD, Aman Syam menjelaskan, DPRD Kabupaten Luwu Timur sudah memperjuangkan hal tersebut sejak tahun 2019 lalu, mulai dari Study Tiru sampai Forum Diskusi Group atau FGD dengan institusi terkait, pakar TJSL serta pelaku dan penggiat sosial.

Sementara, Ketua Al – Manat, Herdinan, S.Ag dalam pertemuan tersebut menyampaian permohonan kepada Ketua DPRD Kabupaten Lutim agar institusi DPRD menyikapi aspirasi masyarakat tentang kondisi TJSL PT. Vale dengan melaksanakan hearing publik atau FGD yang dihadiri pemangku kepentingan, institusi terkait, pengiat sosial dan seluruh stakeholder terkait.

Hal ini langsung disikapi Ketua DPRD Lutim yang juga mantan aktivis kemahasiswaan dengan menyambut aspirasi tersebut. Ia juga menegaskan akan sesegara mungkin melakukan permintaan masyarakat tersebut yang diwakili pengurus Al – Manat dengan melakukan rapat internal dan FGD tersebut, serta akan melakukan pertemuan dengan Bupati Lutim membahas kondisi TJSL tersebut.

Baca Juga:  Pindad Resmikan Lini Baru Fasilitas Produksi Sistem Senjata

Di akhir pertemuan, Ketua AL – Manat yang juga mantan Ketua Karang Taruna Kabupaten Lutim menyampaikan terima kasihnya kepada Ketua DPRD Lutim tersebut atas kesediaannya menampung aspirasi masyarakat. Askar – Lutim

Facebook Comments
%d bloggers like this: