Terindikasi, Pupuk Bersubsidi di OKU Selatan Dijual Tanpa Kantongi SIUP

Terindikasi, Pupuk Bersubsidi di OKU Selatan Dijual Tanpa Kantongi SIUP

SEORANG pengecer/penyalur pupuk bersubsidi bernama Najim di Dusun 3, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Buay Pemaca, Kabupaten OKU Selatan terindikasi tidak mengantongi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Saat dikonfirmasi media bhayangkaranusantara.com terkait hal tersebut, Najim tidak bisa menunjukkan surat tersebut.

“Aku hanya penyalur pupuk kepada kelompok tani sesuai dengan RDKK yang ada di desa ini,” aku Najim di kediamannya Dusun 3, Desa Mekar Jaya, Senin (4/5/20).

Najim juga mengatakan, ia hanya menebus pupuk bersubsidi tersebut dari salah satu pengecer pupuk bersusidi di wilayah Kecamatan Buay Pemaca untuk kebutuhan kelompok tani.

Pantauan awak media ini, pupuk bersubsidi itu ada beberapa jenis, seperti Urea, Phonska dan ZA. Pupuk tersebut lebih kurang sekitar 2 ton sengaja ditimbun di gudang milik Najim di seberang jalan depan rumahnya.

Pupuk bersubsidi adalah pupuk yang pengadaan dan penyalurannya mendapat subsidi dari pemerintah untuk kebutuhan petani yang dilaksanakan atas dasar program pemerintah yang sesuai RDKK dan usulan Poktan.

Untuk pupuk bersusidi dinyatakan sebagai barang yang diawasi peredarannya. Pengawasan peredaran juga pupuk meliputi pengawasan terhadap jumlah, mutu, alokasi, wilayah, harga eceran tertinggi dan sistim distribusi dan penepatan jumlah alokasi wilayah.

Diduga, ini terjadi akibat minimnya pengawasan terhadap pupuk bersubsidi di Kabupaten OKU Selatan sehingga masih ada pengecer atau penyalur pupuk bersubsidi yang menjual belikannya tanpa SIUP. Slamat – BN OKUS

Facebook Comments
Baca Juga:  Kejari OKU Selatan Pastikan Laporan Aduan BPD Pilla Ditindaklanjuti
%d bloggers like this: