Tanda Kepangkatan dalam Polri

Tanda Kepangkatan dalam Polri

 2,532 total views,  1 views today

DALAM tubuh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memiliki tanda kepangkatan, mulai dari yang tertinggi hingga rendah.

Adapun Pangkat Polisi memiliki nama dan urutan di setiap struktur jabatan, dimana pada 1 Januari 2002, pangkat polisi dipisahkan dari TNI, dan menggunakan kepangkatan tersendiri.

Semua tanda kepangkatan polisi diberikan pada anggota Polri dari Perwira Tinggi hingga Tamtama. Berikut Pangkat Polisi Tingkat Tinggi yang dilansir dari situs Polri:

1. Jenderal Polisi

Pangkat Jenderal Polisi merupakan pangkat tertinggi di kepolisian Republik Indonesia. Lambang yang diberikan adalah bintang 4 berwarna emas, pangkat ini disanding oleh TB 1 (TriBrata1) atau Kapolri selaku pimpinan tertinggi di organisasi kepolisian.

2. Komjenpol (Komisaris Jenderal Polisi)

Pangkat Komisaris Jendral Polisi merupakan pangkat ke-2 tertinggi di kepolisian, dan setara dengan Letjen atau letnan jendral di TNI. Tanda pangkat yang diberikan adalah bintang 3 berwarna emas.

3. Irjenpol (Insperktur Jenderal Polisi)

Pangkat Inspektur Jenderal Polisi merupakan pangkat tertinggi nomor 3 di kepolisian, pangkat Irjenpol setara dengan Mayjen atau Mayor Jendral di TNI. Pangkat yang disematkan adalah bintang 2 warna emas.

4. Brigjenpol (Brigadir Jendral Polisi)

Pangkat Brigadir Jendral Polisi merupakan pangkat tertinggi ke-4 di kepolisian RI, pangkat ini memimpin polda dengan tipe B atau biro setingkat mabes polri. Tanda pangkat yang diberikan adalah bintang satu.

 

Tingkat Perwira Menengah :

5. Kombes (Komisaris Besar)

Komisaris besar merupakan pangkat tertinggi ke-5 di kepolisian atau tertinggi di golongan Perwira Menengah. Tanda pangkat kombes adalah 3 bunga bersudut 5, atau melati 3.

6. AKBP (Ajun Komisaris Besar Polisi)

Pangkat AKBP setara dengan pangkat Letkol atau letnan kolonel di militer. Tanda pangkatnya 2 bunga bersudut 5 atau melati 2.

Baca Juga:  Menuju New Normal, Satlantas Polres Luwu Timur Optimalkan Inovasi Baru Korlantas Polri

7.Kompol (Komisaris Polisi)

Pangkat Komisaris Polisi sama dengan Mayor di TNI, lambangnya adalah melati 1.

 

Tingkat Perwira Pertama :

8. AKP (Ajun Komisaris Polisi)

Pangkat Ajun Komisaris Polisi adalah perwira pertama tingkat tiga Polri, dan setara dengan pangkat kapten di TNI. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga balik berwarna emas.

9. Iptu (Inspektur Polisi Satu)

Inspektur Polisi satu adalah perwira pertama tingkat dua Polri, yang setara dengan pangkat Lettu atau letnan satu di TNI. Tanda dari pangkat IPTU adalah dua balok berwarna emas.

10. Ipda (Inspektur Polisi Dua)

Pangkat IPDA setara dengan letnan dua di TNI, pangkat IPDA merupakan pangkat pertama atau terendah di Golongan Perwira Pertama atau PAMA. Tanda pangkat IPDA adalah satu balok berwarna emas.

Tingkat Bintara :

11. Aiptu (Ajun Inspektur Polisi Satu)

Pangkat AIPTU merupakan pangkat tertinggi di jenjang Bintara, setara dengan pangkat Peltu atau Pembantu Letnan satu di TNI. Pangkat AIPTU mempunyai tanda kepangkatan 2 buah segitiga bersambung menyerupai huruf M berwarna perak.

12. Aipda (Ajun Inspektur Polisi Dua)

Ajun Inspektur Polisi Dua, pangkat ini setara dengan Pelda atau pembantu letnan 2 di TNI. Tanda pangkat ini adalah 1 buah segitiga bersambung berwarna perak.

13. Bripka (Brigadir Polisi Kepala)

Brigadir Polisi Kepala adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat Bintara Polri, pangkat ini setara dengan Sersan Mayor di TNI. Tanda pangat BRIPKA adalah 4 segitiga bersusun berwarna perak.

14. Brigpol (Brigadir Polisi)

Pangkat Brigadir Polisi, setara dengan Sersan Kepala di militer. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga buah segitiga bersusun berwarna perak.

15. Briptu (Brigadir Polisi Satu)

Brigadir Polisi satu berada di atas pangkat Brigadir polisi dua dan di bawah Brigadi polisi, pangkat Briptu setara dengan sersan satu di TNI. Tanda kepangkatan Briptu adalah dua segitiga bersusun yang berwarna perak.

Baca Juga:  Demi Hijaunya Polres OKU, Kapolres Gelar Aksi Ini

16. Bripda (Brigadir Polisi Dua)

Pangkat Brigadir Polisi Dua merupakan pangkat terendah yang ada di jenjang Bintara. Pangkat ini setara dengan sersan dua, dan mempunyai tanda kepangkatan 1 buah segitiga perak.

 

Tingkat Tamtama :

17. Abrip (Ajun Brigadir Polisi)

Ajun Brigadir Polisi adalah Tamtama tingkat satu Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga buah segitiga berwarna merah.

18. Abriptu (Ajun Brigadir Polisi Satu)

Ajun Brigadir Polisi Satu merupakan Tamtaman tingkat satu Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua buah seitiga berwarna merah.

19. Abripda (Ajun Brigadir Polisi Dua)

Ajun Brigadir Polisi Dua merupakan Tamtama tingkat satu Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu buah segitiga berwarna merah.

20. Bharaka (Bhayangkara Kepala)

Bhayangkara Kepala merupakan Tamtama tingkat satu Polri, dan tanda pangkatnya adalah tiga buah garis miring berwarna merah.

21. Bharatu (Bhayangkara Satu)

Bhayangkara Satu merupakan Tamtama tingkat satu Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua buah garis miring berwarna merah.

22. Bharada (Bhayangkara Dua)

Bhayangkara dua merupakan Tamtama tingkat satu Polri. Lambang kepangkatan yang dipakai adalah satu buah garis miring berwarna merah.

Demikian tanda pangkat dalam Polri mulai dari Pangkat Tertinggi hingga Pangkat Tamtama atau yang terendah.

Facebook Comments
%d bloggers like this: