Tak Becus Urus Desa, Dua Kades di OKU Selatan Diberhentikan dengan Tidak Hormat

Tak Becus Urus Desa, Dua Kades di OKU Selatan Diberhentikan dengan Tidak Hormat

DUA kepala desa (kades) di Kabupaten OKU Selatan, Sumatera Selatan diberhentikan pemerintah daerah dengan tidak hormat.

Hal ini terungkap setelah keluarnya Surat Keputusan (SK) Bupati Ogan Komering Ulu Selatan No: 275/KPTS/DPMPD/2020 dan No: 276/KPTS/DPMPD/2020 tentang pemberhentian Suwoto selaku Kepala Desa Gedung Ranau, Kecamatan Warkuk Ranau Selatan dan Noprianto Kepala Desa Berasang, Kecamatan Kisam Tinggi.

Saat dikonfirmasi via pesan WhatApps terkait pemberhentian dua kades tersebut, Kabid Administrasi Pemerintahan Desa dan Kerjasama Antar Desa, Zainal Arifin, SE mewakili Kadin DPMPD Kabupaten OKU Selatan Juproni, S.Pd, MM membenarkan adanya pemberhentian tersebut, sesuai SK Bupati OKU Selatan tanggal 29 April 2020.

Zainal Arifin, SE menjelaskan, sebelum keluarnya SK tersebut sudah dilakukan beberapa kali pembinaan, baik dari Kecamatan, PMPD dan Inspektorat OKU Selatan terhadap Suwoto dan Noprianto.

“Namun keduanya tidak pernah mau berubah atau memperbaiki administrasi, sampai akhirnya SK dikeluarkan oleh Bupati,” ungkapnya, Sabtu (9/5/20).

Kedua kades tersebut diberhentikan lantaran dinilai tidak becus melaksanakan tugas dan kewajibannya, bahkan dalam urusan Pemdes terkesan berantakan dan semrawut.

Karena itu, demi kelancaran roda kepemerintahan di Desa Gedung Ranau, Kecamatan Warkuk Ranau Selatan dan Berasang Kecamatan Kisam Tinggi, dikeluarkanlah SK tersebut.

“Semoga saja dengan diberhentikannya kedua kades tersebut segala urusan Pemdes di dua desa itu berjalan lancar dan hal ini menjadi pembelajaran untuk para kades lainnya, khususnya di Kabupaten OKU Selatan, agar di masa mendatang tidak ada lagi terjadi hal seperti ini,” ungkap Zainal Aripin, SE. Slamat BN OKUS

Facebook Comments
Baca Juga:  Kejati Sulut dan Pemkot Manado Kerjasama Tangkal Virus Corona