Sosialisasi Empat Pilar MPR untuk Masyarakat Kota Bekasi di Pondok Gede

Sosialisasi Empat Pilar MPR untuk Masyarakat Kota Bekasi di Pondok Gede

DALAM rangka amanah sebagai anggota MPR RI, Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS, Hj. Nur Azizzah Tamhid, BA, MA melaksanakan sosialisasi Empat Pilar MPR untuk masyarakat Kota Bekasi, Selasa (4/2/20) di sebuah rumah makan Padang Jl. Raya Caman, Jatibening, Kota Bekasi

Anggota Dapil Jawa Barat VI ini dalam paparannya menyampaikan, sebagai anggota Komisi VIII DPR RI yang tugasnya melingkupi Bidang Agama, Sosial, Perlindungan Perempuan dan Anak serta Kebencanaan, dirinya merasa perlu untuk mensosialisasi 4 Pilar MPR RI.

Hal ini sesuai pasal 5 huruf a dan huruf b Undang-Undang Nomor 17 tahun 2014 yang diubah dengan Undang-Undang nomor 42 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD, dimana Majelis Permusyarawatan Rakyat ditugasi untuk memasyarakatkan ketetapan MPR Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika kepada masyrakat seluruh tanah air.

Adapun 4 Pilar tersebut di antaranya, pertama Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara. Kedua UUD NRI Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR. Ketiga NKRI sebagai bentuk negara dan keempat Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Menurut Hj. Nur, tantangan kebangsaaan di tengah kehidupan saat ini yang fundamental adalah Keagamaan, yakni lemahnya penghayatan dan pengamalan agama serta munculnya pemahaman ajaran agama yang keliru dan sempit. Kemudian Bidang Otonomi, daerah pengabdian terhadap kepentingan daerah serta timbulnya fanatisme kedaerahan.

Selanjutnya Isu Sara, karena kurang berkembangnya pemahaman dan penghargaan atas keBhinekaan dan kemajemukan. Lalu pemberantasan Korupsi, karena keteladanan dalam sikap dan prilaku sebagian pemimpin dan tokoh bangsa. Selain itu Kepastian Hukum, tidak berjalannya penegakan hukum secara optimal dari faktor Internal,” tandasnya.

Selanjutnya pengaruh Globalisasi berkehidupan yang semakin meluas dan persaingan antar bangsa yang semakin tajam serta Kapitalisme dimana semakin kuatnya intensitas intervensi kekuatan global dalan perumusan kebijakan nasional.

Secara terpisah, Riyana Widiyawati, M.Pd selaku Staff Ahli menambahkan, sebagai wakil rakyat Dapil Kota Bekasi dan Kota Depok, Hj. Nur Azizah Tamhid siap menerima aspirasi masyarakat tanpa menunggu moment tatap muka khusus seperti saat kegiatan sosialisasi UU atau 4 Pilar MPR RI, tetapi juga dengan adanya Rumah Aspirasi Hj Nur Azizah Tamhid BA, MA khusus warga Kota Bekasi yang berlokasi di Jatibening Kecamatan Pondok Gede Kota Bekasi.

“Keluhan dari masyarakat seperti penanggulangan penyalahgunaan narkoba maupun permasalahan lainnya menjadi informasi yang secara serius kita upayakan solusi bersama baik skala lokal maupun nasional,” pungkasnya.

Hadir pada kesempatan sosialisasi 4 Pilar MPR tersebut Bhabinkamtibmas Jatibening Bripka Yoga, Serka B. Gunawan, Sertu Sumaji Babinsa Jatibening, Kapten Agus Sugianto mewakili Dandim 0507 Bekasi, Aminudin, dan PKK Kecamatan Pondok Gede. Yusup Bahtiar/Red – Bekasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *