Simpam Kota Polres Lutim Hadapi Pilbup 2020 Digelar di Lapangan Merdeka

Simpam Kota Polres Lutim Hadapi Pilbup 2020 Digelar di Lapangan Merdeka

APEL Gelar Pasukan dalam rangka Sispam Kota (Sistem Pengananan Dalam Kota) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lutim Tahun 2020 digelar Selasa (10/3/2020) pukul 08.32 Wita di Lapangan Merdeka Jl. Dr. Sam Ratulangi, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili Kabupaten Lutim (Luwu Timur), Sulsel.

Hadir dalam giat Apel Gelar Pasukan di Panggung Upacara Soekarno-Hatta di antaranya, Kapolres Lutim AKBP Indratmoko, SIK, Bupati Lutim Ir. H. Muh. Thorig Husler, Pabung 1403 SWG Kabupaten Lutim Mayor Inf. Martinus Pagasing, para PJU Polres Lutim, Kadis Perhubungan Pemda Lutim Drs. A. Makkarakka, Kasat Pol PP dan Damkar Lutim Indra Fauzi, SIP, M.Si, Kakan Kesbang dan Politik Pemda Lutim Guntur Hafid, S.Pd, M.Si, Ketua KPU Kabupaten Lutim Zaenal, SE dan Ketua Bawaslu Lutim Rachman Atja, SE.

Hadir juga Ketua FKUB Kabupaten Lutim Drs. H. Ardias Barah, MM, Ketua Parpol Hanura A. Hikmad, SE, Kadis Kesehatan yang diwakili Kabid Pelayanan Kesehatan A. Tulleng, SKM., M.Kes, Kabag Humas Pemda Lutim Risky Alamsyah, S.STP, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh politik se-Kabupaten Lutim.

Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan diawali dengan Komandan Apel memasuki lapangan apel dan langsung mengambil alih pasukan. Selanjutnya pimpinan apel memasuki lapangan apel, pasukan disiapkan dan penghornatan pasukan. Kemudian dilanjutkan dengan laporan Komandan Apel dilanjutkan pemeriksaan pasukan oleh Kapolres Lutim didampingi Bupati Lutim.

Dalam amanatnya pimpinan apel mengucapkan terima kasih kepada panitia dan peserta apel gelar pasukan atas terselenggaranya acara ini. Acara simulasi Sispam Kota dalam rangka pengamanan Pemilukada Tahun 2020 yang dilaksanakan Polres Lutim ini adalah bentuk kesiapan Polri, TNI dan Pemda Lutim menghadapi Pilkada serentak, khususnya di Kabupaten Lutim.

Baca Juga:  Tinjau Paragon Mall dan Pasar Karangayu Semarang, Kapolri dan Panglima TNI Jamin Pendisiplinan Protokol Kesehatan

“Simulasi ini adalah upaya antisipasi dalam menghadapi situasi terburuk dalam rangka Pilkada 2020. Namun tentunya kami mengharapkan hal ini tidak terjadi dan situasi Kabupaten Lutim senantiasa aman dan kondusif,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan dukungan dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan Pemilukada yang sejuk, damai dan kondusif. “Dengan terselenggaranya acara ini kita semakin kuat dalam menghadapi Pilkada serentak Tahun 2020,” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa, Laporan Komandan Apel dan Penghormatan pasukan. Selanjutnya Pimpinan Apel meninggalkan lapangan apel dan apel gelar pasukan selesai dilanjutkan dengan peragaan Sispam Kota oleh personil Polres Lutim dan instansi terkait.

Dalam simulasi Sispam Kota, para personil Polres Lutim memperagakan penolakan hasil keputusan rapat pleno KPUD Lutim oleh sekelompok massa pendukung salah satu calon yang tidak menerima hasil keputusan KPU Lutim dan meminta KPU melakukan pemilihan ulang.

Kemudian tim negosiator melakukan imbauan kepada massa, lalu Dalmas Awal masuk dan membentangkan tali Dalmas. Namun massa tetap berteriak-teriak dan memaksakan untuk masuk ke kantor KPU Lutim.

Selanjutnya personil Intelkam yang melaksanakan pamtup bergabung dengan massa dan Ton Dalmas yang tiba di kantor KPUD Lutim langsung membentuk formasi untuk melakukan lintas ganti dengan Dalmas Awal

Di beberapa tempat, terlihat massa mengintai sejumlah kantor, pusat perbelanjaan dan obyek vital untuk diduduki. Massa makin memanas dan terjadi pelemparan terhadap petugas pengamanan dengan menggunakan kayu, batu dan benda lainnya. Dengan situasi yang tidak kondusif, Kasat Intelkam mendapatkan informasi di lapangan terkait adanya indikasi yang mengarah pada upaya untuk menyandera Ketua KPU Lutim.

Situasi kian meningkat, Dalmas melakukan pendorongam massa, namun massa tetap bertahan dan terus melakukan pelemparan sehingga Tim Rainmas menembakkan gas air mata kearah massa. Kemudian, Tim Jatanras melaksanakan penangkapan terhadap provokator, sedangkan Tim Kesehatan mengevakuasi korban.

Baca Juga:  Siaga Penanganan Bencana Alam, Polda Sumsel Ikut Vidcon dengan Kabaharkam Polri

Seketika itu juga Kapolres Lutim meminta bantuan kepada Dandim 1403 SWG untuk nengamankan obyek vital, saat melihat ternyata sebagian massa telah meninggalkan kantor KPU bergerak menuju perkantoran dan toko-toko. Sekelompok massa yang melakukan penjarahan kemudian oleh personil Sabhara dilumpuhkan dengan tembakan sesuai implementasi diskresi Kepolisian.

Sementara, mobil penerangan masyarakat melakukan imbauan kepada masyarakat bahwa situasi aman dan kondusif yang dilanjutkan konsolidasi pasukan dan konferensi pers terkait situasi Kota Malili yang telah kembali kondusif.

Personil yang terlibat dalam Apel Gelar Pasukan terdiri dari Polri sebanyak 250 personil, TNI sebanyak 30 personil, Sat Pol PP sebanyak 1 regu, Damkar sebanyak 1 regu, Dinas Kesehatan sebanyak 1 regu dan BPBD sebanyak 1 regu. Pukul 09.15 Wita dilaksanakan Closing Ceremony Gabungan personil Polres Lutim, TNI dan instansi terkait. Rangkaian acara berakhir pada pukul 09.30 yang berlangsung dalam keadaan aman dan tertib. Askar – Lutim

Facebook Comments
%d bloggers like this: