Sidang Kasus Terorisme Pentolan Neo JI Digelar, Ini Tuntutan JPU

Sidang Kasus Terorisme Pentolan Neo JI Digelar, Ini Tuntutan JPU

SIDANG kasus terorisme dengan terdakwa Para Wijayanto selaku Amir Neo Jamaah Islamiyah (Neo JI) dan Budi Karyanto selaku bendahara kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur dengan agenda pembacaan putusan, Senin (20/7/20).

Dalam tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebelumnya, dua pentolan Neo JI terdakwa Para Wijayanto dituntut 10 tahun penjara dan Budi Trikaryanto dituntut 9 tahun penjara.

Sementara dalam amar putusan Majelis Hakim menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan telah melanggar Pasal 14 jo Pasal 7 dan Pasal 13 huruf C Perppu No. 1 Tahun 2002 yang telah ditetapkan menjadi UU No. 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

Dengan ini, kata majelis, menjatuhkan vonis selama 7 tahun penjara kepada Para Wijayanto dan 6 tahun 6 bulan penjara kepada Budi Trikaryanto.

Sebelumnya majelis menjelaskan bahwa terdakwa memiliki ilmu agama yang mumpuni dan mengetahui Jamaah Islamiyah adalah organisasi terlarang di Indonesia yang ingin mendirikan negara Islam.

Adapun hal yang memberatkan bahwa kelompok JI berkaitan erat dengan tragedi Bom Bali sehingga menimbulkan korban dan trauma yang mendalam. Atas putusan majelis tersebut kedua terdakwa langsung menyatakan menerima. GP – JAKARTA

Facebook Comments
Baca Juga:  Waspadai Daerah Ini, Rawan Perampasan dengan Kekerasan