Setelah Ditetapkan Sebagai Klaster Baru Penyebaran Covid-19, Walikota Manado Tinjau Pasar Ini

Setelah Ditetapkan Sebagai Klaster Baru Penyebaran Covid-19, Walikota Manado Tinjau Pasar Ini

DEMI memastikan rekayasa Pasar Pinasungkulan berjalan lancar, Walikota Manado, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA bersama Wakil Walikota, Mor D. Bastiaan dan jajaran terkait lainnya meninjau langsung pasar yang sebelumnya ditetapkan sebagai klaster baru penyebaran Covid-19.

Diketahui, sebelumnya pasar ini aktifitasnya sempat terhenti beberapa hari akibat ditemukannya sejumlah orang reaktif bahkan positif Covid-19 sehingga sempat ditutup.

Kemudian Walikota melalui pernyataannya mengatakan tidak ada pemindahan pasar, semua aktifitas jual beli tetap di tempat semula, meskipun ada berbagai kebijakan yang ditempuh Walikota terkait upaya menekan penyebaran Covid-19.

Kebijakan itu antara lain, penerapan ganjil genap untuk penggunaan fasilitas yang tersedia di pasar tersebut seperti penggunaan jalan dan hanggar secara bergantian, semua pengunjung pasar wajib menggunakan masker, pengukuran suhu tubuh, termasuk kendaraan tidak diizinkan memasuki pasar.

Kunjungan Walikota selain memastikan rekayasa pasar berjalan sesuai rencana juga berkaitan dengan ketaatan pengunjung pasar apakah benar-benar telah menerapkan protokol kesehatan atau sebaliknya cenderung bandel tidak mematuhi anjuran pemerintah dan hal ini menjadi perhatian Walikota.

Selain itu Vicky Lumentut tak henti-hentinya menyampaikan nerbagai program Pemerintah Kota Manado, termasuk sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan dibarengi tindakan nyata dengan menetapkan salah satu kluster baru Pasar Pinasungkulan, yang terkonfirmasi adanya peningkatan kasus Covid-19 di area pasar tersebut.

Untuk hal itu, Walikota pada Rabu (03/05/20) turun dan melihat langsung rekayasa Pasar Pinasungkulan. “Hari ini saya meninjau rekayasa Pasar Pinasungkulan sambil memastikan apakah yang telah kita atur selama ini, baik itu penjagaan jarak, pengecekan suhu tubuh dan pakai masker berjalan lancar,” kata Walikota.

Mantan Ketua Apeksi ini juga melakukan pengecekan kesiapan para petugas medis di puskesmas. “Saya juga melakukan pengecekan kesiapan rekan-rekan petugas di puskesmas yang memantau terus hasil rapid test, karena ada beberapa hasil swab menunjukkan hasilnya positif dan itu harus dibawa ke rumah sakit untuk di isolasi,” ucap Walikota. Jola – Manado

Facebook Comments
Baca Juga:  Di Manado, Pasien Terkonfirmasi Positif Corona Bertambah