Senin Ini, Jembatan Patal di Bekasi yang Retak Sudah Bisa Dilintasi

Senin Ini, Jembatan Patal di Bekasi yang Retak Sudah Bisa Dilintasi

Terjangan arus Kali Bekasi, Kamis (2/1/2020) memang sempat membuat jembatan besi (Patal) penghubung Kecamatan Bekasi Utara dan Bekasi Timur di Jalan Teluk Buyung РBambu Runcing goyah.

Akibatnya, retakan aspal terjadi selebar 2 cm, merekah sepanjang 2 meter di mulut jembatan. Senin (6/1/2020) ini, Jembatan yang retak tersebut kabarnya sudah bisa dilintasi mobil.

Kepala Seksi Peningkatan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi Idi Susanto mengatakan, berdasarkan hasil diskusi pihaknya dengan konsultan ahli, jembatan yang menghubungkan Kecamatan Bekasi Utara dengan Bekasi Timur itu sudah bisa dilintas mobil mulai besok.

Namun, karena ada kerusakan pada bagian tumpuan, jembatan belum bisa dilintasi kendaraan besar seperti truk. “Memang ada pergeseran di bearing ped-nya (dudukan girder), perlu perbaikan. Tapi untuk besok pagi bisa dibuka untuk kendaraan kecil (minibus), bukan truk yang gede,” kata Idi, Minggu.

Idi menambahkan, pihaknya tengah koordinasi dengan Kementerian PUPR untuk perbaikan jembatan. Sebab, rusaknya jembatan tersebut tidak bisa dibiarkan terlalu lama karena dikhawatirkan kerusakan bertambah parah.

“Jadi itukan posisi kalau jembatan ada sendi dan ada rol nih jadi itu rolnya sudah mentok, mepet tidak ada toleransi dan kalau dibiarkan dalam jangka waktu yang lama takutnya ada pergeseran lagi kena abusment makannya harus segera ditangani. Tapi untuk sementara kan masih bisalah untuk dilewati kendaraan kecil,” ujar Idi.

Jembatan Patal di Jalan Teluk Buyung, Bekasi Timur, Kota Bekasi, retak selebar dua sentimeter akibat terjangan arus Kali Bekasi pada Rabu lalu.

Hal itu menyebabkan, jembatan rusak dan membuat kendaraan roda empat dilarang melintasi jembatan tersebut. EDITOR – BEKASI

Facebook Comments
Baca Juga:  Tabrak Aturan, Pergantian Perangkat Desa Teep Warisa, Talawaan, Minut Disinyalir Tanpa Prosedur?