Selebaran Buru DPO Provokator Papua Beredar, Ini Penegasan Kabid Humas Polda Metro

Selebaran Buru DPO Provokator Papua Beredar, Ini Penegasan Kabid Humas Polda Metro

Selebaran bertuliskan Polda Metro Jaya memburu DPO provokator kerusuhan di Papua, Veronica Koman baru baru ini menyebar lewat aplikasi pengirim pesan (whatapss).

Menanggapi hal ini, Polda Metro Jaya menegaskan pihaknya tidak mengedarkan selebaran DPO tersebut. “Polda Metro Jaya tidak benar jika mengeluarkan DPO ini karena belum ada laporan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono kepada, Jumat (6/9/2019).

Argo menegaskan, pihaknya tidak menerbitkan maupun mengedarkan selebaran dan format selebaran DPO tersebut bukan format selebaran yang biasa dibuat tim Polda Metro Jaya. “Format DPO itu bukan seperti itu,” tegas Argo.

Dalam selebaran yang beredar, kata Argo, ditulis informasi seolah-olah tim Polda Metro Jaya sedang mencari provokator aksi kerusuhan di Papua.

Pada selebaran itu, DPO itu tertulis dengan nama Veronica Koman, perempuan berusia 21 tahun dan lahir di Medan, 14 Juni 1998. Terdapat juga foto seorang wanita dalam informasi tersebut.

Sementara Veronica Koman saat ini sudah berstatus tersangka di Polda Jawa Timur dan diduga menyebar provokasi dan hoax terkait insiden mahasiswa Papua di Surabaya.

Dalam penanganan kasus ini, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo, Rabu (4/9) mengatakan, polisi menggandeng Interpol untuk melacak Veronica Koman. Veronica Koman saat ini berada di luar negeri.

“Ya kalau VK kan masih warga negara Indonesia, karena keberadaannya di luar negeri, maka nanti dari Interpol akan membantu untuk melacak yang bersangkutan sekaligus untuk proses penegakan hukumnya. Nanti akan ada kerja sama dengan police to police,” kata Brigjen Dedi Prasetyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *