Satgas TMMD Kecamatan Sukodono, Sragen Bantu Warga Berkebun

Satgas TMMD Kecamatan Sukodono, Sragen Bantu Warga Berkebun

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 108 yang digelar di Desa Baleharjo, Kecamatan Sukodono tmemasuki hari ke empat semenjak dibuka Danrem 074/Wrt Kolonel inf Rano Tilaar Selasa (30/06/20) lalu.

Total ratusan prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD Reg 108 Kodim 0725/Sragen, di antaranya dari Yonif Raider 408/SBH, Kodim 0725/Sragen, TNI – AU Lanud Adisumarmo, Yon Zipur 4/TK, Den Zibang 4/IV, Yon Kav 2/TC dan Satuan Kesehatan.

Pada jumat (3/07/20), Satgas TMMD membantu warga untuk berkebun. Selama 30 hari anggota satgas TMMD akan berjibaku dengan batu, pasir, semen dan panasnya matahari.

Selama pelaksanaan TMMD mereka tidak diperbolehkan pulang ke rumah kecuali emergency dan harus seizin Dansatgas TMMD, yaitu Dandim Sragen Letkol Kav Luluk Setyanto, MPM. Jadi semua prajurit yang tergabung dalam satgas tinggal di rumah rumah warga.

Di sela istirahat setelah bekerja, para prajurit ini tidak lantas tidur tiduran, namun memanfaatkan waktu menunggu istirahat dengan bersilaturahmi ke rumah warga, bahkan mereka tak segan segan membantu warga.

Ketika mereka melihat warga sedang membersihkan kebun, mereka terpantik untuk membantu membersihkan kebun yang ditanami berbagai macam sayur dan buah. Di antaranya pare, sawi, kacang panjang, terong dan pepaya.

Kebun tersebut ternyata milik Kelompok Wanita Tani (KWT) Ngudi Rejeki pimpinan Ibu Kadus Ny. Gunawan. Kebun seluas 1/4 hektar tersebut adalah milik kas desa dan dimanfaatkan untuk menanam berbagai sayuran dan buah untuk dijual.

Hasil penjualan akan dimasukkan kas KWT, sedangkan yang ditanam di pekarangan rumah hasil penjualan akan masuk ke tabungan masing anggota kelompok. Kadus Gunawan mengaku senang dibantu oleh para prajurit.

Baca Juga:  Ribuan Undangan Padati Resepsi Pernikahan Putra Kades Tanjung Karangan

“Semenjak om-om tentara datang ke sini kampung kami jadi rejo (ramai-red.), mereka ramah dan murah senyum, ringan tangan membantu warga yang membutuhkan,” kata ibu Kades.

Ia berharap para prajurit ini lama tinggal di kampung mereka, selain ramai kampung juga aman. Iwan/Maryo Solo Raya

Facebook Comments