Rundown Rapid Test Massal se-Kecamatan Masaran, Sragen

Rundown Rapid Test Massal se-Kecamatan Masaran, Sragen

GUGUS Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sragen mengadakan kegiatan Rundown Rapid Test Massal se-Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah Rabu, (3/6/2020).

Pelaksanaan Rundown Rapid Test Massal se-Kecamatan Masaran yang dilaksanakan di Ruang Basement Kantor Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen ini dihadiri lebih kurang 268 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sragen Dedy Indriyatno, SE, Kadis Kesehatan Kabupaten Sragen dr. Hargiyanto, Kepala Tim Gugus Tugas dr. Sulastri, Kepala Puskesmas Masaran I dr. Endah Sulastri, Kepala Puskesmas Masaran II dr.Any Susilowati, Sekdiknas Sragen Fanni Fandani, Camat Masaran Agus Winarno, S Sos, Dan ramil 03/Masaran Kapten Cpm Sayana dan Kapolsek Masaran AKP Agus Taruno, SH.

Hadir juga Babinsa Masaran Sertu Raden Kuat Santoso, Bhabinkamtibmas Masaran Bripka Triyono, SH, APPEM Kecamatan Masaran serta warga masyarakat perwakilan pelaku perjalanan tiap-tiap desa (PP).

Kegiatan Rapid Test Massal ini diikuti Pelaku Perjalanan (PP), Pedagang dan Pengunjung Pasar, Toga/Tomas, Relawan Covid-19 Desa, petugas resiko tinggi di pasar, petugas puskesmas dan kantor kecamatan yang diselenggarakan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sragen atau Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen yang dipimpin Dedy Endriyatno, SE selaku Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sragen.

Dedy Endriyatno mengatakan, menggunakan pemeriksaan imunoglobulin sebagai upaya tes screening awal dan bisa dilaksanakan secara massal adalah sebuah keputusan yang baik.

Metode pemeriksaan coronavirus ini ada beberapa macam, dilihat dari sensitifitasnya. Untuk virus ini yang paling sensitif adalah pemeriksaan dengan metode molekuler yaitu menggunakan Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Tujuannya adalah untuk secepatnya bisa mengetahui tentang kasus positif COVID-19 yang berada di masyarakat,” ucapnya.

Deteksi cepat mengurangi jumlah pasien yang tidak perlu ditindaklanjuti. Dalam konteks pandemi dengan ribuan pasien untuk dites dalam satu hari, ini (rapid test-red.) sangat penting. Iwan/Maryo -Solo Raya

Facebook Comments
Baca Juga:  Pemdes Lanosi Gencar Lakukan Penyemprotan Disinfektan