Proyek Rehab Total SDN 03 dan 011 Semper Barat, Cilincing Mangkrak

Proyek Rehab Total SDN 03 dan 011 Semper Barat, Cilincing Mangkrak

PEKERJAAN proyek rehab total SDN 03 dan 011 Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara mogok alias mangkrak. Ini terjadi lantaran belum adanya pembayaran dari pihak subkon PT. Bangun Cipta Kontraktor (BCK) kepada para pekerja.

Di lokasi proyek, Jumat (14/2/20), para pekerja yqng melakukan aksi mogok kerja terlihat sangat kesal, karena sampai saat ini juga upah mereka belum direalisasikan PT. BCK.

Sebelumnya, pekerjaan proyek ini juga sudah diberitakan beberapa media karena pekerjaannya yang tak sesuai spesifikasi. Terlihat dari pagar sekolah yang seharusnya dibongkar dan dipasang pondasi baru, tetapi oleh PT. BCK bangunan pagar tersebut hanya ditempel pada pondasi lama yang sudah terlihat sangat rapuh dan akan beresiko tinggi.

Sementara saat dikonfirmasi media, kontraktor PT. BCK seakan masa bodo dan tak menggubris. Mereka terlihat cuek, walaupun sudah diberitakan media. Parahnya lagi pembangunan pagar yang tak sesuai spesifikasi tersebut tetap berjalan dan tidak ada dilakukan evaluasi.

Masalah ini juga sudah dikonfirmasikan ke Kepala SD 03, Ninuk melalui pesan Whatapps, akan tetapi sang kepala sekolah tetap bungkam dan tidak bersedia memberikan jawaban.

Sementara saat dikonfirmasi tentang aksi mogok mereka, para pekerja mengatakan bahwa mereka belum mendapat bayaran dan tidak ada jawaban yang pasti kapan akan dibayar. Mereka melakukan aksi mogok kerja sampai ada penjelasan dari pihak kontraktor BCK.

Di tempat terpisah, media ini mencoba mempertanyakan hal ini kepada pihak BCK yang berada di lokasi proyek. Namun dengan singkat mereka menyatakan, semua keputusan ada di kantor.

Pantauan media ini pada beberapa proyek yang dikerjakan BCK di wilayah DKI, ternyata bernasib sama. Semua pembayaran macet, belum pasti. Begitu juga pembangunan pada pagar sekolah yang lain, sama dan tak sesuai spesifikasi, seperti SD Negeri Kincir Rawa Badak dan SD Negeri 09 Sunter.

Baca Juga:  Bisa Fatal, Pekerjaan Rehab Total di SDN 09 Sunter Jaya, Jakarta Utara Abaikan SOP dan K3

Di kedua sekolah itu, pada pagar tersebut terlihat asal jadi. Untuk kwalitas tidak diperhatikan. “Bagaimana pihak Dinas Pendidikan DKI bisa mempercayai kontraktor tersebut sebagai kontraktor yang mengerjakan proyek pemerintah, sedangkan dari sistem menejemen dan standar operasi mereka tidak memadai,” kata salah seorang pekerja.

Hingga berita ini diturunkan, para pekerja terlihat masih mogok menunggu kejelasan dari pihak BCK. GP – JAKARTA

Facebook Comments