Proyek Pengerjaan Parit Pasangan di Nagori Bah Gunung, Simalungun Dinilai Asal Jadi

Proyek Pengerjaan Parit Pasangan di Nagori Bah Gunung, Simalungun Dinilai Asal Jadi

Proyek pembangunan parit pasangan yang dikerjakan pihak rekanan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Simalungun di Nagori (Desa) Bah Gunung, Kecamatan Bandar Huluan, tepatnya di Pekan (pasar) Bah Gunung dinilai masyarakat pekerjaannya asal jadi dan amburadul. Terindikasi, proyek ini sarat dengan penyalahgunaan anggaran. Hal ini disampaikan, Wira (35) salah seorang warga sekitar kepada Media BN saat di lokasi pengerjaan parit pasangan, Jumat (1/11/2019).

Wira mengatakan, dari awal pengerjaan sejak berada di lokasi kegiatan untuk mengawasi pelaksanaan kegiatan tersebut, Wira juga telah menyarankan kepada pekerja agar hasil campuran material (semen + batu + pasir) dapat dimaksimalkan guna menghasilkan kualitas bangunan yang bermutu dan tahan lama sesuai perencanaannya.

“Saya sudah beberapa kali mengatakan kepada para pekerja untuk membuat hasil kerja bangunan yang bermutu sesuai harapan masyarakat. Hasil amatan saya di lokasi dan melihat pengerjaannya, adukan 1/2 sak semen dicampurkan untuk satu molen penyampur dengan pasir yang tak sesuai ukuran serta penggunaan semen yang tidak sesuai spesifikasi dalam perencanaan kegiatan. Akibat dari pekerjaan mereka yang dianggap asal jadi, bangunan mereka yang dianggap sudah selesai sekarang banyak yang retak, bahkan ada juga yang amblas,” tegas Wira.

Sementara pengamatan BN di lokasi kegiatan, terlihat juga banyak titik parit pasangan yang hanya ditempel pada bangunan parit. Pihak rekanan sepertinya tidak melakukan pembongkaran terhadap bangunan parit yang sebelumnya, bahkan lantai parit pasangan sudah terlihat hancur dan rusak, diduga akibat buruknya kwalitas bangunan. Indikasi sementara juga tidak dilakukan rabat pada sisi lantai parit dengan batu padas dan pasir urug sehingga mudah rusak dan hancur.

Masyarakat Bandar Huluan khususnya Nagori Bah Gunung berharap kepada Kadis PUPR, Benny Saragih, ST segera turun melihat langsung hasil kinerja dari pihak rekanan dan menindak tegas rekanan tersebut agar ke depannya bangunan yang dilaksanakan pihak rekanan tidak asal jadi, berkwalitas, bermutu dan tahan lama. Nelson Manurung – Simalungun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *