Program PMJ Satu Jam Mengaji Bersama Polisi di Masa Adaptasi Kehidupan Baru

Program PMJ Satu Jam Mengaji Bersama Polisi di Masa Adaptasi Kehidupan Baru

ANGKA korban Covid-19 di DKI Jakarta masih terus bertambah, salah satu pemicunya adalah masih banyaknya masyarakat yang belum memahami diksi era New Normal sehingga dianggap sudah bebas hidup normal kembali seperti sebelum adanya pandemi Covid-19.

Hal ini diakui juga oleh pemerintah yang akhirnya sebutan New Normal diubah menjadi adaptasi dengan kebiasaan yang baru, yaitu wajib menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

Salah satu wujud pemerintah dalam melindungi warganya dalam situasi pandemi Covid -19, adalah Program Kapolda Metro Jaya Satu Jam Mengaji Bersama Polisi yang dipimpin Kombes Pol. Badya Wijaya SH, MH di Masjid Al-Akhyar Jl. Benda, Gg. Masjid No. 99, RT 11/RW 04, Kemang Jakarta Selatan, Jumat (17/7/20).

Direktur Binmas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Badya Wijaya SH, MH mengatakan, selama pandemi Covid-19 program Kapolda Metro Jaya Satu Jam Mengaji Bersama Polisi merupakan salah satu bentuk Ketahanan Mandiri di bidang mental dan spiritual.

Mental dan spiritual yang kuat tidak akan mudah terpengaruh isu dan berita berita yang dikemas dengan agama yang tujuan akhirnya hanya akan merongrong pemerintahan yang sah, namun mental dan spiritual yang kuat akan yakin dan percaya bahwa apapun yang terjadi semua di dunia adalah kehendak Allah SWT.

“Manusia hanya bisa berusaha dan berikhtiar menggunakan kemampuan akal dan pikiran yang sehat dalam menghadapi ujian dan cobaan Allah SWT,” ucapnya.

Kegiatan ini, selain dihadiri Dirbinmas PMJ Kombes Pok. Badya Wijaya, SH, MH juga dihadiri Kasubdit Bintibsos, Kasubdit Bin Satpam/Polsus Dit Binmas Korbinmas Baharkam Polri AKBP Jajang Hasan Basri, S.Ag, M.Si., Kanit Binmas Polsek Pasar Minggu, Bhabinkamtibmas Polsek Pasar Minggu, Ketua DKM Masjid Al-Akhyar, Anggota Yayasan Aqsho Indonesia, Tokoh Agama, Pengurus Masjid Al-Akhyar, Jamaah Masjid Al-Akhyar dan anggota Ditbinmas PMJ.

Baca Juga:  Personel Polsek Burau Giat Kurvei dan Perawatan Pohon di Sekitar Mapolsek

Untuk lebih tertibnya kegiatan dimulai dengan Sholat Maghrib berjamaah dilanjutkan dengan Pembukaan oleh Pengurus Masjid Al-Akhyar dan ceramah yang disampaikan oleh KH. Wafi Muhidin Naim disusul sambutan Dirbinmas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Badya Wijaya, SH, MH.

Sementara ceramah juga disampaikan AKBP Jajang Hasan Basri, S.Ag, M.Si dilanjut dengan penjelasan tentang konsep membaca Al-qur’an oleh Ustadz Ibnu dari Yayasan Aqso.

Ketua DKM KH. Wafi Muhidin Naim dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Binmas PMJ dan jajaran dengan adanya kegiatan Satu Jam Mengaji Bersama Polisi ini.

“Meskipun dalam masa PSBB transisi kita masih bisa silaturahmi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

KH. Wafi Muhidin mengungkapkan, membaca surat Al-Fatihah untuk kesehatan dan keberkahan bagi seluruh negeri ini, khususnya jajaran Polda Metro Jaya. “Program kegiatan ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara masyarakat dengan aparat,” tandasnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama Dirbinmas PMJ Kombes Pol. Badya Wijaya, SH, MH mengatakan, program Satu Jam Mengaji Bersama Polisi sebagai upaya Polri mengajak wearga memakmurkan sholat berjamaah di masjid. Ukhuwah Islamiyah harus ditingkatkan dan harus dijaga agar barokah agar polisi dengan masyarakat lebih dekat.

“Kita sepakat di masjid tidak ada ajakan-ajakan dan spanduk yang bernuansa politik berita/isu yang sudah dikonsolidasi. Kami mengajak begitu adzan berkumandang, segeralah kita mengambil wudhu dan mendatangi,” kata Badya.

Kombes Badya juga mengajak umat memakmurkan masjid dan makmurkan umat di sekitar masjid dengan harapan harkamtibmas berbasis kesejahteraan masjid. “Niat melangkahkan ke masjid, sholat berjamaah pahalanya luar biasa. Makna menara masjid bukan sekedar mengumandangkan adzan/memberikan pengumuman, tapi ada yang lebih dari itu, yaitu untuk melihat umat di sekitar masjid,” ungkapnya.

Baca Juga:  Satu Jam Mengaji Bersama Polisi Implementasi Polmas

Lebih dari itu Badya mengajak perbanyak sedekah dan infaq di masjid. Iman dan aman saling berkaitan dan diperlukan agar terwujud harkamtibmas yang kondusif.

Acara ditutup dengan Sholat Isya berjamaah, ramah tamah, foto dan makan bersama. Kegiatan berjalan dengan aman, tertib dan lancar dengan menerapkan Protokol Physical Distancing. BN01 – JAKARTA

Facebook Comments