Polsek Lubuk Raja Polres OKU Berhasil Ungkap Kasus Curas, Dua Begal Diamankan

Polsek Lubuk Raja Polres OKU Berhasil Ungkap Kasus Curas, Dua Begal Diamankan

Kepolisian resor (Polres) OKU, Sumatera Selatan melalui Polsek Lubuk Raja berhasil mengungkap kasus tindak pidana pencurian dengan kekerasan (Curas). Dengan mengamankan kedua pelaku begal motor atas nama Naswin (23) dan Andi Saputra (21), warga Dusun Air Gilas Desa Batumarta II Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Kedua pelaku yang diketahui masih memiliki hubungan keluarga ini, sebagai Paman dan Keponakan ditangkap Unit Reskrim Polsek Lubuk Raja lantaran telah melakukan aksi pembegalan terhadap korban Luh Melan Tari (13) warga Batumarta Unit VI, Kecamatan Madang Suku III, Kabupaten OKU Timur ketika sedang melintas didepan TPU SMA Tanzania Desa Baturaden Kecamatan Lubuk Raja menggunakan sepeda motor Honda Beat berboncengan bersama temannya.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres OKU AKBP Tito Travolta Hutauruk didampingi Wakapolres OKU Kompol Zulkarnain dan Kapolsek Lubuk Raja Iptu Andi Apriadi, saat menggelar press release ungkap kasus di halaman Mapolres OKU, Senin (2/12/19), mengatakan kronologis kejadian pada hari Senin tanggal 18 November 2019 sekira jam 22.30 Wib.

“Kejadian berawal ketika korban yang masih dibawah umur dan berstatus pelajar yang berboncengan bersama temannya melintas di TKP, dicegat oleh tiga orang tidak pelaku. Dua diantaranya sudah kita amankan, sementara satunya lagi inisial RDS berhasil kabur sedang dalam pengejaran (DPO) ,”kata Kapolres.

Dijelaskannya, adapun cara para pelaku yang dikenal licin dan sadis ketika menjalankan aksinya menunggu korban berada ditempat sepi. Kemudian pelaku yang berbonceng tiga menggunakan sepeda motor Vixion memepet korban, setelah korban menepi salah satu pelaku bernama Andi Saputra turun dari motor menodongkan senjata tajam sambil langsung merampas sepeda motor korban lalu kabur.

Setelah menerima laporan korban, pihak kepolisian Polsek Lubuk Raja langsung melakukan penyelidikan. Dan pada hari rabu tanggal 23 November 2019, sekira pukul 21.00 mendapati informasi bahwa kedua pelaku sedang berada di kantor desa Batumarta unit II, Lubuk Raja sedang menonton pesta hiburan rakyat.

“Begitu mendapati informasi tersebut, unit Reskrim Polsek Lubuk Raja yang dipimpin langsung Kapolsek Lubuk Raja tak mau kehilangan buruan langsung bergegas mendatangi lokasi. Namun ketika hendak dilakukan penangkapan kedua pelaku yang sudah diberikan tembakan peringatan malah berusaha kabur, sehingga terpaksa dilakukan tindakan tegas dan terukur dengan ditembak kaki kanan kedua tersangka ,”papar Kapolres.

Lebih dalam disampaikan Kapolres, untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, kedua pelaku yang kini diamankan di Mapolres OKU akan dikenakan pasal 365 ayat (2) Undang-undang KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara 5 tahun lebih ,”Kedua tersangka bersama beberapa barang bukti diantaranya 1 Unit Sepeda motor Vixion milik pelaku yang digunakan untuk membegal korban dan beberapa uang tunai diduga hasil kejahatan sudah kita amankan dan akan diproses sesuai hukum berlaku ,”pungkas AKBP Tito Hutauruk. Sumarni – OKU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *