Polres OKU Gelar Press Release Capaian Operasi Senpi Musi 2019

Polres OKU Gelar Press Release Capaian Operasi Senpi Musi 2019

Polisi Resort (Polres) OKU, Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Press Release terkait pencapaian pada Operasi (Ops) Senjata Api (Senpi) Musi tahun 2019. Kegiatan digelar bertempat di halaman Mapolres OKU, Senin (2/12/2019).

Press release dipimpin langsung Kapolres OKU AKBP Tito Hutauruk didampingi Wakapolres Kompol Zulkarnain, Kasubag Humas Kompol Rahmad Haji, Kabag OPS Kompol M. Ginting, Kasatreskrim AKP Wahyu Setyo Pranoto beserta seluruh jajaran Kapolsek yang hadir.

Dalam keterangannya Kapolres mengatakan, adapun hasil yang dicapai pihaknya selama dalam kurun waktu pelaksanaan operasi OPS Senpi yang berlangsung selama 22 hari dimulai pada tanggal 9 November 2019, sampai dengan 30 November 2019 di wilayah hukum Polres OKU.

“Adapun jumlah total Senpi yang berhasil kita amankan dari selama berlangsungnya Operasi OPS, sebanyak 18 Senpi. Jumlah tersebut terbagi dari serahan masyarakat kepada beberapa Polsek maupun yang datang langsung menyerahkan ke Polres ,”kata Kapolres.

Dijelaskannya, dari ke-18 Senpi hasil serahan masyarakat tersebut juga ada diantaranya terdapat hasil dari penangkapan tiga pelaku yang kedapatan membawa Senpi ketika pihaknya sedang berpatroli maupun menggelar razia. Satu pelaku atas nama Samsiadi (38) petani, warga Kecamatan Lengkiti Kabupaten OKU terpaksa ditembak kaki kanan karena melawan petugas saat ditangkap di areal parkiran SPBU Air Karang Baturaja, OKU.

Sementara kedua pelaku lainnya atas nama Ari (19) ditangkap di parkiran depan rumah makan simpang Setia Kemelak, dan Gunawan (43) ditangkap di parkiran SPBU Air Paoh, keduanya warga Kemelak kilo meter 7 dan 6, Kelurahan Bindung Langit, Kabupaten OKU juga berhasil diamankan pihak Kepolisian Polres OKU karena kedapatan membawa Senjata Api rakitan.

“Dari 18 Senpi ini, 3 Senpi kita dapat dari tiga pelaku TO dan non TO berupa 2 Senpi jenis revolver dan satu jenis kelocok. Sementara sisanya hasil serahan dari masyarakat, berupa 8 Senpi jenis Laras panjang dan 7 Senpi jenis laras pendek beserta 2 amunisi jenis kaliber 0,38 dan 9 ml. Jadi totalnya secara keseluruhan ada 18 pucuk Senpi yang kita amankan saat ini dengan 3 tersangka ,”papar Kapolres.

Disela penyampaiannya, mantan Kapolres Prabumulih ini juga mengucapkan rasa terimakasihnya kepada masyarakat Kabupaten OKU, yang telah senantiasa mau menyerahkan Senpi yang dimiliki tanpa harus menunggu proses hukum berlaku dalam rangka pelaksanaan operasi OPS Senpi tahun 2019.

“Kalau memang masyarakat masih ada menyimpan senjata api, secara bertahap kami masih menerima penyerahannya. Jangan sampai kita melakukan tindakan replensif atau penangkapan. Karena akan beda akibat hukumnya, bagi yang ditangkap dengan yang sukarela menyerahkan Senpi ,”terangnya.

Mari kita, sambung Kapolres, sama-sama menjaga kondusifitas di wilayah hukum Polres OKU, sebab apabila Senpi ini digunakan diluar kewenangan maka akan berakibat fatal bagi yang bersangkutan maupun orang lain. Maski hingga sampai saat ini kita belum menemukan adanya produksi Senjata Api di wilayah hukum Polres OKU, tapi penyelidikan akan terus kita lakukan ,” tutup Kapolres OKU AKBP Tito Hutauruk. Sumarni -OKU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *