Pembangunan Jalan Tani di Dusun Tetelangka Ada Pagar Pemilik Lahan, LSM Ini Minta Penjelasan Camat

Pembangunan Jalan Tani di Dusun Tetelangka Ada Pagar Pemilik Lahan, LSM Ini Minta Penjelasan Camat

ANGGOTA LSM-LIRA, Heriansah Efendi dan Nirwan mendatangi kantor Camat Bone-bone, Luwu Utara, Sulsel, Kamis (24/6/20).

Kedatangan mereka mempertanyakan adanya pagar pemilik lahan pada pembangunan jalan tani di Dusun Tetelangka, Desa Sadar setelah selesai dikerjakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK).

Saat dikonfirmasi oleh keduanya, Camat Bone-bone selaku Pelaksana Jabatan Sementara (PJS) bertanya, kenapa bisa pemilik lahan seperti itu, padahal sudah dihibahkan oleh keluarganya sendiri, menurut sekretaris desa (sekdes).

“Perlu diketahui bahwa tanpa diminta pun kalau bangunan pemerintah kami tetap ambil, sekalipun pemiliknya tidak memberikan,” kata Camat menurut laporan kedua anggota LSM itu.

Dengan ucapkan itu, akhirnya keduanya beradu argumen dengan camat dan meminta untuk dijelaskan aturan-aturan yang membenarkan pemerintah melakukan kegiatan di atas lahan warga tanpa seizin pemiliknya, namun camat tak memberikan jawaban.

Keduanya juga terus mendesak camat agar dijelaskan aturan yang membenarkan lahan masyarakat bisa diambil pemerintah tanpa seizin dengan pemiliknya.

Camat pun tak menjelaskan hingga kemudian keduanya meminta agar perkataan itu dinaikan ke media. Dengan arogan, Camat pun mengiyakan untuk ditulis dan naikan beritanya sehingga keduanya menghubungi media ini agar dinaikkan.

Saat dikonfirmasi ke Camat Bone-bone terkait perkataan tersebut, dirinya membenarkan. Menurutnya, saat itu ia dongkol (kesal-red.) dengan tindakan masyarakat yang memagar jalan, padahal sudah dihibahkan keluarganya sendiri.

Hal ini saat dikonfirmasi ke Sekretaris Desa (Sekdes) dibenarkan adanya hibah dari keluarga pemilik lahan. “Saya tidak tahu kalau yang menghibahkan bukan pemilik yang sebenarnya,” kata Sekdes. Askar – Sulsel

Facebook Comments
Baca Juga:  Lagi, Proyek Rehab Sekolah di Jakarta Terindikasi Tak Sesuai Spesifikasi