Langkah Cepat GVSL Tangani Bencana di Bolmong dan Bolmut

Langkah Cepat GVSL Tangani Bencana di Bolmong dan Bolmut

BANJIR bandang yang menerjang Kabupaten Bolaang Mongondouw (Bolmong) dan Bolaang Mongondouw Utara (Bolmut) Provinsi Sulawesi Utara mengingatkan kembali peristiwa bencana alam yang melanda Kota Manado tahun 2014, Ibukota Provinsi Sulut waktu itu dibuat porak-poranda, Kota Manado luluh-lantah saat.

Berbagai pihak ikut prihatin dengan peristiwa yang sempat membuat perekonomian Kota Manado terhenti, aktifitas perbankan ikut stag, pusat-pusat pemerintahan dan pertokoan terkena imbas dari peristiwa alam yang maha dasyat, kerugian ditaksir mencapai angka trilyunan rupiah.

Bantuan pun mengalir dari berbagai penjuru meringankan beban korban bencana banjir yang kehilangan segala-galanya termasuk kehilangan sanak-saudara, tewas akibat disapu banjir bandang.

Sementara di tengah hiruk-pikuknya pembangunan di berbagai daerah, seketika masyarakat Sulut dibuat terhentak ketika peristiwa yang sama melanda Bumi Totabuan, Bolaang Mongondouw Utara menangis, korban jiwa dan harta benda teralami warga Bolmut.

Langkah cepat pun ditempuh Walikota Manado DR. Ir. GSV. Lumentut, SH, M.Si, DEA salah-satu Kepala Daerah yang langsung menghimpun segenap sumber daya dan dana melalui penggalangan bantuan di lingkup Pemerintah dan warga Kota Manado.

Bantuan pun terkumpul, suami tercinta Prof. DR. Julieta Paula Amelia Lumentut-Runtuwene, MS, DEA didampingi Ketua Komisi IX DPR RI Felly Esterlita Runtuwene, SE bergegas meluncur bersama rombongan menuju Kabupaten Bolaang Mongondouw Utara.

Setibanya di Ibukota Bolmong Utara bantuan Pemerintah Kota Manado diterima Ketua DPRD Bolmut, Mulyadi Pamili dan selanjutnya disalurkan kepada korban bencana banjir bandang.

“Sumbangan ini tidak seberapa jangan dilihat dari jumlahnya tapi kehadiran kami semata-mata turut merasakan sekaligus ikut meringankan beban derita yang dialami saudara-saudara kita yang ditimpa bencana, saya berdoa keadaan ini segera berangsur-angsur pulih dan warga dapat kembali beraktifitas,” ucap Lumentut.

Baca Juga:  Terkait TJSL PT. Vale, Al - Manat Sampaikan Aspirasi kepada Ketua DPRD Lutim

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Sulawesi Utara, diterjang banjir bandang dan tanah longsor, Rabu (04/03/2020).

Dilaporkan, lebih dari 50 desa terendam banjir satu Kecamatan di Bolmong yakni Kecamatan Sangtombolang sementara lima kecamatan di Bolmut yang terdampak banjir dan longsor antara lain, Kecamatan Sangkub, Bintauna, Bolangitan Timur, Bolangitan Barat, Kecamatan Kaidipang.

Bencana banjir bandang yang menerjang beberapa kawasan merengut dua korban jiwa yaitu, Musdalifah Harun (5) dan Susrita Tadi (36) sementara Kerugian materiil ditaksir mencapai angka miliaran rupiah.

Bencana banjir bandang juga ikut membuat ruas jalan trans Sulawesi yang menghubungkan Bolmong dan Gorontalo terputus. Hingga Sabtu (07/03/2020), Pemerintah melalui Dinas PUPR Prov Sulut, Polda Sulut, BNPB Sulut, Tagana dan relawan terlihat melakukan pembersihan timbunan material lumpur yang menutupi poros jalan yang menghubung pulau Sulawesi.

Sementara itu Walikota Manado DR GSV Lumentut dan Ketua Komisi IX DPR-RI Felly Estelita Runtuwene (FER), Selasa (10/03/2020) melanjutkan kunjungan ke beberapa lokasi yang terdampak bencana banjir bandang.

Dua politisi Partai Nasdem ini juga sekaligus membawa langsung bantuan kemanusiaan juga tenaga kesehatan di lokasi bencana, salah satunya di Desa Pangi Kecamatan Sangtombolang, Bolmong.

GSVL dan FER berserta rombongan datang bertemu langsung dengan warga yang terdampak bencana, berdialog, sambil memberi dukungan, penguatan, berdoa agar bencana ini tidak terjadi lagi,” imbuhnya.

Di bagian lain Ketua DPRD Mulyadi Pamili dan sejumlah legislator Bolmut mewakili warga menyampaikan apresiasi dan terima kasih buat Walikota GSVL, Ketua DPD Partai Nasdem Kota Manado dan FER Ketua Komisi IX DPR-RI Bendahara DPW Partai Nasdem Sulut, atas misi mulia ini.

Baca Juga:  Penutupan TMMD Sengkuyung I Kodim 0728/Wonogiri Digelar di Ruang Kerja Bupati Wonogiri

“Mewakili dan mengatasnamakan masyarakat Bolmut sekali lagi terima kasih kepada Pak Walikota Manado dan Ibu Ketua Komisi IX DPR-RI yang berempati, peduli serta membantu meringankan derita warga di Bolmut yang tertimpa musibah bencana alam itu,” ujar Pamili. Jola – Sulut

Facebook Comments
%d bloggers like this: