Lagi, Proyek Rehab Sekolah di Jakarta Terindikasi Tak Sesuai Spesifikasi

Lagi, Proyek Rehab Sekolah di Jakarta Terindikasi Tak Sesuai Spesifikasi

PROYEK rehab total sekolah-sekolah di Ibukota DKI Jakarta sepertinya banyak yang pembangunannya yang dikerjakan dengan tidak benar oleh pihak kontraktor pelaksana. Mulai dari upah pekerja, keselamatan pekerja, spesifikasi hingga anggaran.

Seperti halnya proyek rehab total pada SMK Negeri 5 Matraman, Jakarta Timur yang terletak di Kelurahan Pisangan Baru, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur. Pada pengerjaannya, ada indikasi proyek tersebut tidak sesuai dengan spesifikasi.

Diberitakan sebelumnya, pembangunan sekolah yang berada di Semper Barat dan Rawa Badak dikerjakan oleh kontraktor bernama PT. Bangun Cipta Kontraktor (BCK). Kali ini, SMK Negeri 5 Matraman, pembangunannya dikerjakan oleh kontraktor bernama PT. Cipta Graha Putra (CGP).

Namun pada kenyataannya, proyek rehab total yang dikerjakan perusahaan kontraktor yang berkantor di bilangan Tambun, Bekasi itu tidak sesuai dengan rencana anggaran bangunan.

Hal ini salah satunya terlihat pada pembangunan pagar sekolahan tersebut, yang seharusnya direhab total, namun oleh pihak PT. CGP hanya ditambah ketinggiannya dari pagar yang sebelumnya sudah ada. Begitu juga pada pekerjaan lapangan basket yang baru dibangun, saat ini sudah terlihat retak-retak pada lantainya.

Sementara saat media mendatangi lokasi untuk dikonfirmasi, dari pihak PT. CGP tidak ada yang bisa memberikan komentar terhadap temuan tersebut. Namun dari pihak pekerja, salah seorang dari kepala rombongan pekerja (mandor) yang enggan disebut namanya mengungkapkan bahwa upah kerja mereka juga masih banyak yang digantung dan belum dibayarkan, dengan alasan gantungan. Sedangkan untuk progres pekerjaan mereka sudah memenuhi target.

Meski demikian, dari pihak PT. CGP selalu beralasan gantungan yang membuat mereka jadi dilema dalam pekerjaan tersebut, dan sudah sebulan tidak mendapat kepastian. Sedangkan mereka mengeluh untuk menafkahi keluarga, anak dan istri di kampung. Sampai berita ini diturunkan belum ada kejelasan dari pihak PT CGP selaku kontraktor. GP/ED – JAKARTA

Facebook Comments
Baca Juga:  Pekerjaan Proyek PT. BCK di SMKN 5 Matraman Jakarta Asal