Kompol Suwari, SH: “Pondok Gede Sangat Luar Biasa”

Kompol Suwari, SH: “Pondok Gede Sangat Luar Biasa”

NAMA Kompol Suwari, SH bagi masyarakat Pondok Gede memang sudah tak asing lagi. Meski hanya menjabat hampir dua tahun lamanya di wilayah Pondok Gede sebagai Kapolsek, banyak kesan dan pengalaman yang didapatnya, sejak mulai menapaki kaki sampai pergi meninggalkan Pondok Gede untuk mengemban tugas baru di wilayah Hukum Polres Metro Jakarta Pusat sebagai Wakasat Sabhara.

“Bagi saya Pondok Gede itu kalau kita sebut sangat luar biasa kesannya. Karena saya masuk ke Pondok Gede suasananya saat itu hampir dikatakan “mencekam”. Setiap malam selalu ada tawuran, baik dari masyarakat, pemuda, genk-genk yang mengatasnamakan genk motor, juga warga kampung,” kata Suwari dalam wawancara khususnya dengan BN di sela-sela acara “Pisah Sambut dan Kenal Pamit Pejabat Utama” di Mapolrestro Bekasi Kota, baru-baru.

Suwari mengatakan, situasi itulah yang menjadikan perhatiannya saat itu, dan mendorongnya untuk masuk dan melakukan koordinasi dengan camat setempat tentang permasalahan yang ada. Apalagi tak lama setelah kejadian, tepatnya saat ia masuk, terjadi beberapa kejadian dari pihak kepolisian yang anggotanya menjadi korban perlawanan para kelompok genk motor.

“Alhamdulillah dengan hadirnya saya di sana. Saya temui beberapa tokoh dan lapisan masyarakat yang ada. Karena Pondok Gede ini cukup panjang (luas-red.), ada tiga 3 kecamatan wilayahnya, maka saya bersama tokoh pemuda, masyarakat, Pokdar dan Pamwil mengharapkan ikut terlibat. Alhamdulillah semua berpartisipasi dan berkoordinasi membantu dan dilakukan, betul-betul saling sinergi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Suwari menegaskan, kejahatan yang menonjol di Pondok Gede saat itu, kalau tidak segera dilakukan tindakan tegas tentunya tidak akan menimbukan dampak jera. Karena memang di Pondok Gede ini kegiatan genk motor selalu diawali dengan mabuk, hingga menimbulkan korban jiwa bahkan sampai meninggal dunia.

“Dalam kasus ini akhirnya kita lakukan penyisiran bersama ormas di sana. Kita saling memberikan informasi dan langsung melakukan penindakan. Bagi saya Pondok Gede sangat luar biasa. Masyarakatnya kooperatif dan sangat membantu, sehingga pekerjaan saya sangat terbantu,” imbuh Kompol Suwari.

Untuk itu Wakasat Sabhara Polres Metro Jakarta Pusat ini berpesan kepada masyarakat Pondok Gede untuk memberikan yang terbaik, karena selama ini hubungan masyarakat dengan kepolisian, aparat muspika atau 3 pilar sudah berjalan bagus, karena itu tetap kita pertahankan. “Silaturahmi, kongkow bareng harus tetap kita jalankan untuk menyambung tali silaturahmi, baik itu masyarakat sendiri, yang punya masalah dan sudah memberikan informasi ke saya dan kepolisian, direspon,” jelasnya.

Sementara kepada Kapolsek yang baru, Suwari berharap agar cepat respon dan tanggap dalam menyikapi setiap masalah. “Saya percaya kapolsek yang baru, karena orientasinya sudah lama dinas di Bekasi. Untuk penanganan ini saya pikir jauh lebih bagus, karena beliau sudah memahami wilayah dan sebelumnya juga Kabag Ops. Namun demikian, tentunya kita harus tetap jalin komunikasi antara pihak kepolisian dan masyarakat,” kata Suwari mengakhiri. ED/BAH – BEKASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *