Kembali, Peredaran Puluhan Kilo “Serbuk Setan” Berhasil Digagalkan Ditresnarkoba Polda Jatim

Kembali, Peredaran Puluhan Kilo “Serbuk Setan” Berhasil Digagalkan Ditresnarkoba Polda Jatim

 1 total views,  1 views today

Belum sempat mengedarkan obat terlarang jenis Shabu, kelompok jaringan pengedar Narkoba ini berhasil diringkus Ditresnarkoba Polda Jatim.

Hal ini diungkapkan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat menggelar Konferensi Pers di Balai Wartawan Bid Humas Polda Jatim, Rabu (15/1/20).

Menurut Kombes Pol Wisnu, modus operandi tersangka yang berinisial DAS dikendalikan oleh seseorang yang berinisial Z untuk mengambil mobil merk KIA.

Di dalam mobil yang di parkir di Terminal II Bandara Juanda tersebut ada sebuah tas yang berisi Narkotik jenis Shabu untuk diserahkan kepada pembeli.

“Ini terjadi pada tanggal 2 Januari 2020, dimana Polisi sudah mendapat informasi sebelumnya akan adanya transaksi serbuk setan ini,” jelas Kombes Pol Wisnu.

Ditambahkan Kombes Pol Wisnu, Ditresnarkoba Polda Jatim mendapat informasi sudah sejak tanggal 22 Desember 2019.

“Informasi awal akan adanya peredaran narkotika jenis Shabu yang akan diselundupkan melalui Myanmar – Serawak – Pontianak – Surabaya via kapal laut,” tambah Kombes Pol Wisnu.

Saat itu pula anggota Ditresnarkoba Polda Jatim melakukan survelance dan pengintaian calon tersangka di daerah Mojokerto, Jombang, Kediri, Sidoarjo, dan Surabaya.

Hingga pada akhirnya saat ditangkap oleh Polisi di Terminal II Bandara Juanda, mobil KIA Type VISTO AT Nopol L 1455 IV warna abu-abu terdapat Shabu seberat 10.870,9 gram (sepuluh ribu delapan ratus tujuh puluh koma sembilan gram).

“Ini didalam tas ransel yang berada di bangku tengah sebelah kiri,” kata Kombes Pol Wisnu.

Dijelaskan pula oleh Kabid Humas Polda Jatim ini, bahwa tersangka berdasar hasil pemeriksaan ternyata berawal hanya sebagai pemakai.

“Tersangka kurir ini dulu pemakai,dan sekarang naik jabatan sebagai jaringan pengedar Internasional,” kata Kombes Pol Wisnu.

Baca Juga:  Akibat Main Hakim Sendiri, 9 Pelaku Penganiayaan di Banyudono Ditangkap Tim Sapu Jagad Polres Boyolali

Oleh karena perbuatannya menurut Kombes Pol Wisnu, tersangka akan dijerat dengan pasal 112 ayat 2 dan atau pasal 114 ayat 2 UU RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika. Humas Polda Jatim

Facebook Comments
%d bloggers like this: