Kapolsek Pondok Gede Pimpin Apel Pemberian Penghargaan Kepada Pamwil

Kapolsek Pondok Gede Pimpin Apel Pemberian Penghargaan Kepada Pamwil

SINERGI Pamwil bersama para Bhabinkamtibmas di Pondok Gede patut ditiru semua mitra Polri lain dalam kerjasama Guantibmas di setiap lingkungan. Bukan hal kecil saja yang bisa dilakukan dalam membantu tiga pilar di wilayah Pondok Gede, tapi mau bekerjasama dalam mengungkap kriminal lainnya.

Seperti yang baru-baru ini saat membantu Unit Reskrim tim 3 Polsek Pondok Gede dalam mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan yang terjadi pada Kamis (13/3/2020) sekitar jam 08.30 Wib di Jl. Anugerah 2, RT 04/04, Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi dengan korban seorang ibu rumah tangga berinisial DW.

Polsek Pondok Gede dapat mengamankan pelaku bernama Opiksaopik (30) warga Batu Ampar, RT 010/003 Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Kramatjati, Jakarta Timur dengan barang bukti berupa satu buah handphone merk Oppo A37 warna putih,
satu buah Handphone merk Samsung J4 warna putih, satu buah tas ransel warna coklat, satu buah kunci roda, satu buah obeng, satu unit sepeda motor Yamaha Jupiter Z hitam No.Pol E 3038 VY

Kejadian berwal saat korban pergi mengantar anaknya ke sekolah kemudian rumah korban ditinggal dalam keadaan terkunci, setelah korban pulang dari mengantar anaknya ke sekolah. Sesampainya di depan rumah, pelaku melihat pagar rumah korban sudah dalam keadaan terbuka dan melihat ada tas ransel di depan rumah korban.

Kemudian korban masuk ke teras depan rumah dan pelaku keluar dari dalam rumah korban melalui jendela depan rumah. Melihat itu korban berteriak maling namun ditodong kunci roda oleh pelaku sambil berkata, “diem gak lu”. Lalu korban lari untuk meminta tolong kepada tetangga.

Saksi SB yang mendengar teriakan korban lalu mendatangi rumah korban. Melihat kejadian tarik menarik fisik di luar rumah, lantas saksi menarik pelaku dan terjadi baku hantam antara pelaku dan saksi.

Baca Juga:  3 Pilar di Desa Atue Giat Pencegahan Virus Covid-19

Saat itu juga pelaku berteriak dirinya bukan maling tetapi leasing. Spontan saksi melepas pelaku dan orangtua saksimenariknya karena tak mau terjadi hal lainnya.

Merasa penasaran dengan ulah pelaku, saksi terus mengejar pelaku sampai ke makam. Tetapi tak ditemukan karena bersembunyi di rumah warga. Teriakan suara saksi akhirnya mengundang warga keluar dan dapat menangkap pelaku dan saksi kembali ke TKP untuk melihat kondisi korban yang sebelumnya terlibat perkelahian dengan pelaku.

Ketua RT 004/004 Yusup Md anggota Pamwil Pantau 351 kemudian membantu SB dengan mendatangi TKP mengamankan barang bukti satu unit sepeda motor dan HP pelaku di kediaman korban dan diserahkan ke Bhabinkamtibmas jelang 10 menit. Pelaku dapat ditangkap anggota Pamwil dan Bhabinkamtibmas Jaticempaka Bripka Lamberthes di rumah warga.

Dalam sambutannya, Kapolsek Pondok Gede Kompol Hersiantoni mengatakan, karena keterbatasan personil dan luas wilayah, tanpa adanya bantuan pamwil dan pokdar dalam Guantibmas mengemban tugas tentu akan repon.

“Saya tidak bahas kriminal yang Bapak ungkap (Pamwil red.). Saya berterima kasih dalam kriminal saja, apalagi hal hal yang kecil. Seperti Lalin, adalah hal kecil. Kalau kriminal itu tingkatnya sudah sangat tinggi, kalau lalin seperti di bunderan sini Pasar Pondok Gede setiap pagi terjadi lawan arus atau contra flow anak sekolah bawa motor. Nah itu salah satu contoh,” kata Kapolsek.

Kapolsek menambahkan, jika terjadi kecelakaan sedangkan ini satu jalur, orang tersebut bisa jadi tersangka. “Padahal dia korban, tapi dia juga jadi tersangka, karena sudah tahu satu jalur dia lawan arus dipaksakan, terus meninggal sudah jadi korban. Ini harus diiingatkan ke warga, kalau kita biarkan akan semrawut dan kita tidak tertibkan akan semakin parah,” ungkapnya.

Baca Juga:  Dukung Profesionalitas Wartawan, Kabidhumas Polda Kalteng Berikan Materi Diseminasi Hukum Pers

Karena itu, lanjut Kapolsek, harus ada kebijakan, jika memang dibikin dua arus maka dua arus. Namun jika itu satu arus harus ditegaskan kepada mereka yang melawan arus, ditilang itu resikonya.

Apel pagi kali pemberian penghargaan kepada Anggota Pamwil tersebut sebenarnya akan dilakukan Kapolrestro Bekasi Kota, tetapi karena ada jadwal mendadak di Bulak Kapal, Kapolres tidak bisa hadir.

Acara penghargaan Anggota Pamwil dihadiri juga Wakapolsek Pondok Gede AKP Didik Priyosusilo, Iptu H. Amirudin dari Bimbingan Rohani dan Spiritual Polrestro Bekasi Kota, semua Kanit Polsek Pondok Gede, Ketua Pamwil Subur Suhendra, Supranoto Sekretaris Pamwil, Yongki Danpos Jatiwaringin, Yusup Md anggota. YB – Bekasi

Facebook Comments
%d bloggers like this: