Kapolri Tekankan Anggota Kawal Aksi Demo Omnibus Law

Kapolri Tekankan Anggota Kawal Aksi Demo Omnibus Law

Kapolri Jenderal Idham Azis memimpin hari pertama Rapat Pimpinan (Rapim) Polri. Jenderal Idham bicara soal pentingnya samakan persepsi di internal Polri guna menghadapi tantangan ke depan. Hal itu disampaikan Kapolri dalam Rapim Polri di gedung PTIK/STIK, Jalan Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (29/1/2020).

Seluruh jajaran pejabat utama Mabes Polri, para Kapolda dan Wakapolda serta Kapolres hadir dalam Rapim tersebut. Ketua KPK Firli Bahuri dan anggota Komisi III DPR RI Aboe Bakar Al-Habsyi juga turut hadir.

Jenderal Idham mengatakan bahwa tantangan ke depan yang akan dihadapi Polri cukup besar. Salah satunya mengawal sejumlah program pemerintah agar tercapai menuju Indonesia maju.

“Dukung pembangunan nasional, anggota Polri, harus jadi konsultan yang solutif, bukan justru ikut berkonspirasi sehingga menghambat jalannya pembangunan,” jelas Kapolri.

Kapolri juga bicara soal program Omnibus Law. Kapolri menekankan strategi anggotanya dalam mengawal sejumlah aksi demo yang diprediksi menentang Omnibus Law. Kapolri merujuk pada Perkap No 1 tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian.

“Lakukan pengamanan demonstrasi dengan humanis dan pastikan tidak menggunakan senpi,” tegasnya.
Selain itu, Kapolri juga mengingatkan ada event besar yang akan terjadi di Indonesia yaitu Pilkada 2020 dan PON XX di Papua. Kapolri menekankan angggotanya untuk menyerahkan segenap kemampuan dalam pengamanan hajat nasional.

“Junjung tinggi netralitas dan integritas Polri. Ikuti mekanisme yang telah diatur dalam perundang-undangan. Polri harus mampu menjamin agenda PON terselenggara dengan aman lancar dan kondusif,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *