Kajati Sulut Lantik Pejabat Struktural di Lingkungan Kejati Sulut

Kajati Sulut Lantik Pejabat Struktural di Lingkungan Kejati Sulut

KEPALA Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Utara (Sulut), Andi Muh. Iqbal Arief, SH, MH memimpin upacara pengambilan sumpah, pelantikan dan serah terima jabatan (sertijab) Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Sulut, Senin (8/6/2020) pukul 10.00 Wita di Aula Samratulangi Lt. 4 Kejaksaan Tinggi Sulut.

Selain itu, pelantikan juga dilakukan kepada pejabat lain di jajaran Kejati Sulut, antara lain Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara (Asdatun) Kejati Sulut, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bitung, Kajari Kep. Sitaro dan Koordinator pada Kejati Sulut.

Upacara pengambilan sumpah, pelantikan dan sertijab kelima pejabat struktural di lingkungan Kejaksaan Tinggi Sulut tersebut berdasarkan Surat Perintah Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Nomor: PRINT-279/R.1/Cp.3/05/2020 tanggal 30 Mei 2020.

Para pejabat yang dilantik dan diambil sumpah yakni Raimel Jesaja, SH, MH, sebagai Wakajati Sulut yang sebelumnya menjabat sebagai Koordinator pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung RI Raimel Jesaya, SH, MH menggantikan A. Dita Prawitaningsih, SH, MH yang dimutasikan dalam jabatan baru sebagai Wakajati Jawa Tengah di Semarang.

Kemudian Rivo Chandara Makarupa Medelu, SH sebagai Asdatun yang sebelumnya menjabat Kepala Kejaksaan Negeri Magelang di Mungkid. Rivo Chandara Makarupa Medelu, SH, menggantikan Jurist Precisely, SH, MH yang dimutasikan sebagai Kepala Sub Direktorat Peredaran Barang Cetakan dan Media pada Direktorat Sosial, Budaya dan Kemasyarakatan Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Kejaksaan RI.

Frenkie Son, SH sebagai Kajari Bitung yang sebelumnya menjabat sebagai Kajari Maluku Tenggara Barat di Saumlaki. Frenkie Son, SH menggantikan Ariana Juliastuty, SH, MH yang dimutasikan sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Timur di Sukadana.

Selanjutnya Rasa Hadi Widiarsa, SH, MH sebagai Kajari Kep. Sitaro yang sebelumnya menjabat sebagai Koordinator pada Kejati Jambi, Andi Usama Harun, SH, MH sebagai Koordinator pada Kejati Sulut yang sebelumya menjabat sebagai Kepala Seksi Sosial, Budaya dan Kemasyarakatan pada Asintel Kejati Sulawesi Selatan di Makassar.

Baca Juga:  Kajati Sulut dan Pimpinan BRI Manado Launching ID Card Multifungsi Bagi ASN

Dalam sambutannya Kajati Sulut mengatakan, proses pengangkatan, penempatan dan alih tugas pejabat di lingkungan kejaksaan merupakan sebuah kebijakan organisasi yang senantiasa terus dilakukan secara berkelanjutan, seiring dengan proses perjalanan organisasi yang harus terus bergerak maju secara berkesinambungan guna memenuhi tuntutan tugas yang semakin kompleks dan berkembang tiada henti.

Selanjutnya, sambung Kajati Sulut, untuk mewujudkan membangun kejaksaan sebagaimana yang diharapkan, kepada para pejabat yang baru saja dilantik, Kajati memberikan beberapa pokok arahan yang harus segera dilaksanakan di tempat tugas yang baru, yaitu :

1. Identifikasi, pelajari, kuasai dan selesaikan berbagai persoalan di tempat penugasan baru masing-masing, guna akselerasi pelaksanaan tugas.

2. Ciptakan suasana kerja yang menyenangkan dalam mengarahkan pelaksanaan tugas, guna menjaga keharmonisan, kekompakan, terutama dukungan dari jajaran kerja yang berada di bawah kepemimpinan saudara, agar tetap selaras dengan visi dan misi korps.

3. Tumbuhkan budaya kerja keras, terutama bersiap dan adaptif dalam menjalani tatanan “new normal” di tempat kerja. Perubahan drastis akibat pandemi Covid-19 tidak lantas menyurutkan langkah untuk maksimal dalam bekerja, terlebih bersikap malas-malasan, melainkan sebaliknya tetap senantiasa produktif, inovatif, dan optimal dalam melaksanakan tugas dan kewenangan, dengan tetap disiplin pada protokol kesehatan.

4. Curahkan kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman untuk menghasilkan capaian kinerja yang optimal dan hasilnya dapat dirasakan manfaatnya secara konkrit bagi kemajuan kejaksaan.

5. Wujudkan proses penegakan hukum yang adil, profesional dan bermartabat yang dilaksanakan dengan senantiasa mengacu pada integritas luhur yang menjadi landas pijaknya.

6. Jaga integritas, jauhi penyimpangan, dan perbuatan tercela dalam pelaksanaan tugas. Ingatlah selalu bahwa jabatan yang diemban merupakan amanah dihadapan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

Baca Juga:  Konsolidasi Perjuangan Pemekaran Daerah Otonomi Baru Kota Cikampek

Sebelum mengakhiri sambutan, kata Kajati Sulut, kepada para Pejabat lama yaitu A. Dita Prawitaningsih, SH, MH, Jurist Precisely, SH, MH, Ariana Juliastuty, SH, MH, atas nama korps dan pribadi, disampaikan terima kasih atas pengabdian kerjanya. “Semoga dalam mengemban tugas berikutnya di tempat yang baru akan lebih berhasil lagi,” ujarnya.

“Kepada para pejabat yang baru dilantik, Bapak Raimel Jesaja, SH, MH selaku Wakajati Sulut, Bapak Rivo Chandara Makarupa Medellu, SH selaku Asdatun, Bapak Frenkie Son, SH selaku Kajari Bitung, Bapak Rasa Hadi Widiarsa, SH, MH selaku Kajari Kep. Sitaro dan Bapak Andi Usama Harun, SH, MH selaku Koordinator pada Kejati Sulut, saya ucapkan selamat bekerja, hindari penyalahgunaan wewenang dan jabatan. Sumpah serta janji jabatan yang Saudara ucapkan tadi harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan jangan sampai larut oleh intervensi dan keinginan pihak-pihak yang dapat mengganggu penegakkan hukum yang sedang dan akan dilaksanakan olek kejaksaan,” paparnya.

Upacara pelantikan dilaksanakan sesuai dengan Protokol Kesehatan Covid-19 dan berlangsung dengan baik dan khidmat, dihadiri oleh para Asisten, Kabag Tata usaha dan para Koordinator.

Turut hadir Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksaan se Sulut Ny. Nurhayati Andi Muh. Iqbal Arief beserta ibu-ibu Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Sulut. Bert – Sulut

Facebook Comments