Kades Jorlang Huluan, Kabupaten Simalungun Tidak Transparan dalam Pengelolaan Proyek

Kades Jorlang Huluan, Kabupaten Simalungun Tidak Transparan dalam Pengelolaan Proyek

Kepala Desa (Pangulu) Jorlang Huluan, Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara dinilai tidak transparan dalam pengelolaan proyek bangunan di desanya. “Setelah melihat proyek bangunan desa yang dikelola Pemerintah Desa, saya lihat tidak adanya plang proyek bangunan. Ini tidak transparan,” kata Rio Sidauruk, salah seorang warga kepada BN, Senin (4/11/2019).

Melihat hal tersebut, ia pun mengambil foto proyek bangunan dan menemui Kades Jorlang Huluan untuk mengingatkan pihak desa memasang papan proyek bangunan di sekitar areal proyek yang sedang dikerjakan.

Sayangnya, Kades tak menanggapi peringatan tersebut. Padahal untuk itu jelas diatur dalam Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Perpres No. 54 tahun 2010 serta Perpres No. 70 tahun 2012 tentang Kewajiban Memasang Plang Proyek Bangunan.

Seharusnya, lanjut Rio, saat dimulainya pekerjaan tersebut plang proyek bangunan telah terpasang agar masyarakat mengetahui jumlah besar anggaran yang digunakan. Jadi masyarakat berhak untuk ikut mengawasinya sesuai dengan imbauan presiden. Sesuai UU KIP No. 14 tahun 2008, papan informasi itu bertujuan agar pelaksanaan proyek dapat berjalan dengan transparan dan terbuka. Dimulai sejak direkomendasikan pekerjaan, plang proyek bangunan dipasang di badan jalan.

“Yang terpenting, darimana anggaran tersebut, apakah dari APBD, APBN atau DD (Dana Desa). Di dalam papan proyek bangunan tersebut memuat jenis, lokasi kegiatan, lamanya waktu yang dibutuhkan untuk dikerjakan serta jumlah nilai besar anggaran,” ungkapnya. Nelson Manurung – Simalungun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *