Imbas Covid-19 Sholat Idul Fitri di Mesjid dan Lapangan Terbuka Ditiadakan

Imbas Covid-19 Sholat Idul Fitri di Mesjid dan Lapangan Terbuka Ditiadakan

 4 total views,  1 views today

CORONA Virus Disease 19 (Covid-19) yang telah menelan korban meninggal dunia ter-update hari ini Rabu (20/5/2020) secara Nasional, Pukul 09.00 kasus meninggal dunia 1.221 kasus, sembuh 4.467 dan positif 18.496.

Trend peningkatan jumlah pasien sembuh menunjukkan angka menggembirakan, namun tak sedikit pula yang tertular Covid 19 mengisyaratkan bahwa sesungguhnya kita belum sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan yang harus ditaati semua pihak, tanpa terkecuali.

Hampir semua sisi kehidupan ikut terdampak, orang tidak lagi seenaknya bepergian, segala sesuatu dibatasi, bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Hanya hal penting saja seseorang berada di luar rumah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Menindaklanjuti hasil rapat antara Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Republik Indonesia dengan Gubernur seluruh Indonesia pada Senin lalu (18/5/2020) lewat video conference (vicon) dan melihat perkembangan penyebaran Covid 19, Gubernur Olly Dondokambey gelar rapat dengan Forkopimda Sulut, di ruang kerjanya pada Selasa, (19/05/20).

Selain dihadiri Kejati Sulut selaku anggota Forkopimda rapat juga dihadiri pimpinan dan anggota Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) Sulut, antara lain, Ketua MUI Sulut, Ketua NU Sulut, Ketua Muhamadiyah Sulut dan Ketua Dewan Mesjid Indonesia Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam rapat tersebut, Gubernur memberi kesempatan kepada semua anggota Forkopimda untuk mengemukakan pendapat terkait dengan penanganan, pengendalian dan pencegahan Covid-19 yang semakin menanjak butuh kerjasama yang baik dari semua pihak baik pemerintah mau pun masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu Gubernur Sulut bersama anggota Forkopimda Sulut dan FKUB Sulut juga membahas seputar Sholat Idul fitri 1 Syawal 1441 H di tengah Pandemi Wabah Covid-19 tahun 2020 di Provinsi Sulawesi Utara yang berkesimpulan bahwa Sholat Idul Fitri di Mesjid-Mesjid dan dan lapangan terbuka ditiadakan.

Baca Juga:  Hari Ini, Kadisdik OKU Selatan Penuhi Panggilan Polisi Terkait Dugaan Kasus Ini...

Hal ini sejalan dengan Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor: SE-6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di tengah pandemi wabah Covid-19, dan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Untuk itu umat Muslim melakukan ibadah Sholat Idul Fitri di rumah masing-masing dan tidak ada Sholat Idul fitri di Masjid-Masjid dan Lapangan. Johny Lalonsang – Sulut

Facebook Comments
%d bloggers like this: