Hiasi Upacara Peringatan Kemerdekaan RI, Pakaian Adat Tunjukkan Indonesia Negeri Kaya dan Banyak Ragam

Hiasi Upacara Peringatan Kemerdekaan RI, Pakaian Adat Tunjukkan Indonesia Negeri Kaya dan Banyak Ragam

Pelaksanaan Upacara Peringatan 72 Tahun Kemerdekaan Indonesia di Istana Negara Jakarta, Kamis (17-08-2017), dihiasi pakaian adat yang dikenakan para pejabat yang hadir, tak terkecuali Presiden Joko Widodo dan istri.

Kebijakan Presiden Joko Widodo memberlakukan menggunakan pakaian adat dalam upacara peringatan kemerdekaan ke- 72 RI di Istana Presiden untuk menunjukkan bahwa Indonesia adalah negeri kaya dan memiliki banyak keberagaman.

“Biar tahu, kita ini beragam. Karena Indonesia itu memang sangat  beragam. Inilah Indonesia,” ujar Jokowi sebelum mengikuti upacara pengibaran bendera di Istana Negara. “Kita kan tahu, ratusan pakaian adat yang kita punya,” sambung Jokowi.

Presiden Jokowi sendiri mengenakan pakaian adat dari Kalimantan Selatan. Sementara itu Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono tampak mengenakan busana adat Palembang. Presiden ketiga RI B.J Habibie juga tampak mengenakan pakaian adat Bugis.

Sementara itu upacara pengibaran bendera peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dimulai tepat pukul 10.00 WIB, saat upacara dimulai. Sebanyak 17 dentuman meriam dan sirine dibunyikan.

Selanjutnya teks Proklamasi Kemerdekaan dibacakan oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan. Presiden Jokowi sebagai Inspektur Upacara. Presiden memimpin mengheningkan cipta usai pembacaan teks Proklamasi.

Sedangkan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membaca doa. Tepat pukul 10.10 WIB, Paskibraka mengibarkan Bendera Sang Merah-Putih.

Tak mau ketinggalan, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian juga mengenakan atribut adat. Walau tak seluruhnya, bagian penutup kepala Jenderal Pol Karnavian dihiasi atribut adat dari Papua.

Namun tidak demikian halnya dengan sang istri, Ny Tri Tito Karnavian, yang justru mengenakan pakaian adat Papua lengkap.

Alhasil, Ketua Bhayangkari ini berhasil menyabet hadiah sepeda dari Presiden Jokowi sebagai salah satu dari lima penampilan terbaik, tentu saja menurut penilaian Presiden Jokowi sendiri.

 

Baca Juga:  Pelaksanaan Rapid Test Warga Kontak Erat Jamaah Tabligh Klaster Gowa Sulawesi di Sragen
Facebook Comments