Hari Ini, Pemdes Cibuntu Salurkan BLT-DD Tahap III dan BLT Pemkab Purwakarta Tahap II

Hari Ini, Pemdes Cibuntu Salurkan BLT-DD Tahap III dan BLT Pemkab Purwakarta Tahap II

PEMERINTAHAN Desa Cibuntu, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap III dan BLT Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta tahap II kepada warga masyarakat Desa Cibuntu, Kamis (2/07/20).

Hasil pantauan media ini, penyaluran BLT DD tahap III dan BLT Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta tahap II diberikan langsung secara simbolis oleh pihak Pemerintah Desa Cibuntu melalui Kades Ihwanudin.

Dalam kesempatan ini hadir pula Camat Kecamatan Wanayasa Heryadi Erlan, WD, SSTP, Babinkamtibmas dan Babinsa Desa Cibuntu.

Camat Wanayasa, Heryadi Erlan WD, SSTP sangat mengapresiasi atas gerak cepat yang dilakukan Pemerintah Desa Cibuntu dalam penyaluran BLT-DD.

Proses penyaluran BLT terlihat berjalan tertib dan mematuhi protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, tes suhu yang disediakan oleh Pemerintah Desa Cibuntu.

“Kami mengutamakan protokoler kesehatan, kami undang warga dengan sistem jadwal bergilir dengan membatasi jumlah, hal ini saya lakukan untuk menghindari kerumunan warga,” ucap Ihwanudin.

Warga yang menerima BLT DD dan BLT Kabupaten sebelumnya juga menyerahkan surat undangan sesuai BNBA dengan melampirkan foto copy Kartu Keluarga dan KTP sebagai pra syarat pengambilan bantuan.

Masing-masing menerima sebesar Rp. 600.000 per KK, dari penyerapan anggaran Dana Desa (DD). “Sedangkan BLT Pemerintah Kabupaten Purwakarta besarannya Rp. 500.000 yang bersumber dari penyerapan anggaran APBD Kabupaten Purwakarta,” ungkap Ihwanudin.

Penerimanya kata Kades Ihwanudin, adalah kategori yang tidak terdaftar sebagai penerima Bantuan Sosial seperti PKH dan BPNT. “Alhamdulillah pembagian BLT-DD berjalan tertib dan lancar. Prioritas penerima BLT adalah warga yang yang terdampak wabah Covid-19,” katanya.

Dalam sambutannya Kades Cibuntu juga mengimbau warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, jaga jarak, menghindari kerumunan masa, membiasakan cuci tangan.

Baca Juga:  Keselamatan Warga Lebih Penting Ketimbang Pilkada, GSVL Fokus Covid-19

‘Saya berharap pada warga masyarakat Desa Cibuntu dapat menggunakan BLT DD tahap III dan BLT Kabupaten tahap II ini dengan memprioritaskan kebutuhan rumah tangga,” ujarnya.

Kades juga mengcapkan terima kasih kepada para perangkat desa, RT/RW, dusun dan lembaga mitra kerjasama desa/Bamusdes yang senantiasa bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab, keras mulai dari pemutakhiran data sampai penyaluran. “Tentunya membuat surat pertanggung jawabannya,” ucap Ihwanudin di sela sambutannya.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Cibuntu mengungkapkan sangat bersyukur karena terbantu dengan penyaluran BLT-DD dan BLT Kabupaten sehingga bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga.

“Dengan mengucapkan terima kasih, kami dari warga masyarakat merasa diperhatikan, karena secara ekonomi bantuan ini sangat dibutuhkan, apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19,” kata salah seorang penerima manfaat bansos.

“Kami juga melihat kades dan para perangkatnya sangat peduli, mereka bekerja secara transparan,” tambahnya. Acep – Purwakarta

Facebook Comments