Hari Ini, Kakan BPN dan Kapolres Boyolali Tandatangani Keputusan Bersama Terkait PTSL

Hari Ini, Kakan BPN dan Kapolres Boyolali Tandatangani Keputusan Bersama Terkait PTSL

PENANDATANGANAN keputusan bersama antara Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (Kakan BPN) Kabupaten Boyolali dengan Kapolres Boyolali terkait pembentukan tim terpadu pelaksana tugas dan fungsi dalam rangka Kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) berlangsung di Aula Bhara Merapi Polres Boyolali, Jumat (3/7/20).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BPN Kabupaten Boyolali Kasten Situmorang, SH, M.Kn, Kapolres Boyolali AKBP Rachmad Nur Hidayat, S.IK, SH, PJU Polres Boyolali dan Staff BPN.

Dalam sambutannya Kapolres Boyolali AKBP Rachmad Nur Hidayat, S.IK, SH mengatakan, Penandatanganan Keputusan Bersama antara Kakan BPN Kabupaten Boyolali dengan Kapolres Boyolali terkait pembentukan tim terpadu Pelaksana Tugas dan Fungsi dalam rangka kegiatan PTSL merupakan kegiatan pendaftaran tanah untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu.

Progam ini tidak hanya mengarah ke tanah yang bersertifikat baru tetapi juga yang sudah lama. “Polri juga bertanggung jawab atas suksesnya program Presiden RI Bapak Jokowi, makanya kita harus bekerja sama antara stakeholder,” ungkapnya.

Pertahapan dilakukan PTSL ini edukasi sosialisasi penyeselesaian masalah. “Untuk memproses yang bagus bukan hanya dari pihak BPN akan tetapi kita harus bersinergi,” ujarnya.

Untuk itu perlu ada pelatihan teknis yang bertujuan untuk memiliki pemahaman yang sama terkait mekanismenya dan Bhabinkamtibmas bisa memberikan saran jika ada permasalahan yang ada seperti pemerasan.

Masih di tempat yang sama, Kakan BPN Kabupaten Boyolali Kasten Situmorang, SH, M.Kn mengawali sambutannya dengan mengucapkan Dirgahayu Bhayangkara yang ke 74 untuk Polri, semoga semakin solid.

“Jika ada aset tanah milik Polres, saya jamin termasuk dari keluarga anggota polres, saya jamin akan saya eksekusi saya berikan sertifikat, minta tolong disampaikan pada saat apel kepada anggota,” ucapnya.

Baca Juga:  Kapolsek Bojong Turun Langsung dalam Giat Monitoring "Kampung Tangguh Lodaya Ketahanan Pangan"

PTSL, lanjutnya, merupakan kegiatan pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu, seperti yang disampaikan Kapolres.

“Pengecekan sertifikat cukup cek di sistem tidak perlu menggunakan kertas, nanti jika terbakar hilang maka kita berkerja sama dengan bank untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang berbasis sistem teknologi,” ungkapnya.

Sementara terkait pembiayaan tambahan diatur oleh Peraturan Bupati/ Kodya terkait masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan PTSL ini, yang mengetahui luas tanah.

“Kami tidak bisa bekerja sendiri, makanya kami minta bantuan kepada semua pihak, termasuk Polres dan jajarannya agar tercapai tujuan sesuai visi Presiden RI Bapak Jokowi,” tutupnya Sam/Maryo/Humres Boyolali

Facebook Comments