Giat Sosialisasi Cegah Corona dengan Bersepeda, GSVL Pantau Sejumlah Titik

Giat Sosialisasi Cegah Corona dengan Bersepeda, GSVL Pantau Sejumlah Titik

SEAKAN tak kenal lelah dan mengenal waktu, seorang Walikota Manado, Vicky Lumentut terus bergerak mengunjungi sejumlah kawasan dalam rangka memantau setiap dinamika dan perkembangan seputar wabah Virus Corona (Covid-19).

Lumentut berharap kepada semua pihak agar terus meningkatkan kerjasama, baik jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, masyarakat agar saling mengingatkan dan disiplin, patuh dan taat dalam mematuhi protokol kesehatan sehubungan dengan penyebaran dan pencegahan Covid-19.

Protokol sebagaimana dimaksud antara lain, disiplin dalam menjaga jarak atau sosial distancing, menggunakan masker bagi yang sakit, tidak bepergian. “Bahkan yang paling terbaru, arahan Presiden Jokowi untuk tidak bertemu orang (Phsical Distancing) bertujuan memutus persebaran Corona Virus di Kota Manado,” ucap Lumentut.

Penegasan tersebut disampaikan Walikota Manado, DR Ir GS Vicky Lumentut, SH MSi, DEA, Selasa (24/3/2020) untuk menggugah kesadaran masyarakat dalam upaya pencegahan dan memutus penyebaran Covid-19 di Kota Manado.

“Dalam pantauan, saya banyak menemukan kerumunan orang dengan jarak dekat. Mencermati hal tersebut Pemkot Manado akan segera mengambil langkah tegas terhadap warga yang tidak mentaati setiap petunjuk dan kebijakan pemerintah terkait protokol kesehatan,” tandasnya.

langkah tegas akan dilakukan ini demi melindungi warga. “Ini bukan hal sepele dan dianggap main-main dengan persoalan virus Corona, peningkatan kewaspadaan harus disertai langkah tegas pemerintah dalam upaya membendung, menangkal, mencegah dan memutus penyebaran virus Corona,” ujar Walikota

Sehubungan dengan tersebut, Walikota menginstruksikan segenap jajarannya sampai tingkat kelurahan, kepala Lingkungan se-Kota Manado untuk terus mensosialisasikan protokol kesehatan.

“Di samping itu, penegakan hukum akan segera diberlakukan kepada setiap orang/warga yang tidak mentaati kebijakan pemerintah meskipun langkah persuasif akan terus dikedepankan,” tandas Walikota Vicky Lumentut.

Baca Juga:  Bupati Sangihe Geram, Bantuan Duka Sering Disunat Oknum Aparat Desa

Menurut Lumentut, sebelum terlambat, baik pribadi, keluarga maupun masyarakat dan daerah, kita harus segera mengambil langkah cepat dalam penanganan dan pencegahan Covid-19.

“Untuk itu diperlukan tindakan nyata agar daerah kita ini dapat meminimalisir penyebaran virus yang semakin mewabah,” ucap Lumentut.

Di kesempatan lain terpantau pada Selasa (24/03-2020) Walikota tengah bersepeda memantau lokasi tempat cuci tangan umum yang terdapat di sejumlah titik, baik di kawasan perkantoran, pusat bisnis dan perbelanjaan maupun di pusat-pusat keramaian lainnya.

Menurut Rencana Pemkot bakal memasang 53 tempat cuci tangan di area publik dari yang sudah terpasang saat ini sebanyak 23 titik, pengadaan tempat cuci tangan di sejumlah titik sebagai salah-satu langkah pencegahan agar warga terhindar dari serangan virus yang sangat mematikan itu,” tandas Walikota.

“Terima kasih teman teman Perangkat Daerah yang telah membantu melawan Covid-19 di Kota Manado. Tetap semangat, bersatu dan Gotongroyong. Kita bantu warga Kota Manado agar tidak terinfeksi wabah Covid-19,” kata Walikota.

Berikut ini, lokasi tersedia tempat cuci tangan umum yang sudah tersedia.

1. Bapelitbang, Lokasi Sparta Tikala

2. Kecamatan Paal Dua, seputaran Patung kuda (samping Pos Polisi)

3. Kecamatan Paal Dua terminal Paal Dua

4. Dinas PUPR. Lokasi TKB sudut l sudut utara (depan toko bata)

5. Dinas PUPR. Lokasi Bahu Mal samping ATM center

6. Disperindag lokasi Taman berkat Sarip

7. Diskop dan UKM Terminal Malalayang

8. Dispar depan Mantos 3

9. PTSP tambah di samping kantor untuk Kantor Walikota

10. BPBD Manado depat IT Center Jl. Bolevard Manado

11. Depan pos Pol-PP kantor Walikota

12. Camat Mapanget (Depan Kantor Camat)

13. Depan Mega Mas Mas Belakang Suster Manado

Baca Juga:  Kecewa Tak Dapat Bantuan Covid-19, Masyarakat Tanjung Beringin Datangi Kantor Camat Buana Pemaca

14. Perempatan Gereja Sentrum arah TKB (depan Texas)

15. Depan Pasar Segar Paal

16. Dinas Ketenakerjaan depan Pintu masuk Mantos 2

17. Dispar kawasan Mega Mega Mas

18. Badan KesbangPol, pintu masuk Jarod Jl. Walanda Maramis

19. Dinsos Pm di Pos Polisi Bahu Mall Jl. Piere Tendean depan Patung RW Monginsidi

20. Dikbud Lokasi 1 : Jl. Sarapung depan
Apotik Rakyat dan SD 11, SDN 6, SDN 12

21. Dikbud Lokasi 2: Pintu Masuk Kantor Dikbud dekat pangkalan ojek Jl. Pingkan
Matindas Kantor Dikbud dekat pangkalan ojek Jl. Pingkan Matindas

22. Pangkalan Ojek Online samping Polsek Malalayang

23. DPPKB Pumorow depan
Kantor arah melintas kuburan
Teling

Jola – Sulut

Facebook Comments