dr. Liuw: “Status Zona Merah, Warga Tomohon Jangan Resah”

dr. Liuw: “Status Zona Merah, Warga Tomohon Jangan Resah”

KEPALA Dinas Kesehatan Kota Tomohon dr. Deesje Liuw, M. Biomed mengimbau warga Kota Tomohon jangan resah dengan penetapan Zona Merah dari Kementerian Kesehatan RI, baru-baru ini.

Menurut dr. Liuw, Zona Merah merupakan penamaan dan pemetaan wilayah dengan kriteria transmisi lokal atau penularan Covid-19 terjadi lewat transmisi lokal (local transmission).

“Kondisi ini berbeda dengan awal penularan Covid-19 di Indonesia yang terjadi lewat imported case atau berasal dari orang yang berpergian dari luar negeri,” jelas Kadis Liuw kepada bhayangkaranusantara.com saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (11/05/20).

“Dengan bertambahnya waktu dan kemudian banyaknya proses penularan yang terjadi di tengah masyarakat, maka sekarang ini lebih didominasi oleh penularan lokal. Jadi tidak selalu berasal dari imported case atau kasus yang datang dari luar negeri,” ujar¬†Liuw.

Namun dia mengatakan, upaya percepatan penanganan wabah pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) di Kota Tomohon kini terus giat dilakukan Pemerintah Kota Tomohon, termasuk mengatur jalur arah jalan masuk ke Kota Tomohon dan memperlengkapi di setiap 44 kelurahan berupa alat pengukur suhu thermo gun.

“Kami telah memberikan alat thermo gun kepada pemerintah kelurahan untuk alat pengukur suhu kepada setiap pendatang yang masuk dari luar daerah Kota Tomohon,” tuturnya sembari menjelaskan bahwa di setiap kelurahan telah dibangun posko penanganan Covid-19 yang dikawal relawan kemanusiaan penanganan C-19.

Lebih lanjut dikatakan, kondisi di Kota Tomohon saat ini mulai menunjukan kecenderungan penurunan pasien yang terkonfirmasi reaktif Covid-19. Dari data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tomohon, saat ini tinggal satu orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

“Dan kini dalam perawatan di rumah sakit swasta di Manado. Jadi, dari 7 orang pasien yang dinyatakan positif, 5 orang telah sembuh, 1 meninggal dunia dan 1 dalam perawatan,” pungkasnya. BERT – TMHN – SULUT

Facebook Comments
Baca Juga:  Pembangunan BCC Anggaran CSR PT. Vale Menuai Sorotan