Dianggap Tak Patuhi Maklumat Kapolri, Ini Jawaban Polda Sulut

Dianggap Tak Patuhi Maklumat Kapolri, Ini Jawaban Polda Sulut

KAPOLRI Jenderal Polisi Idham Azis dalam maklumatnya Nomor: 2/III/2020 yang dikeluarkan pada 19 Maret 2020 di Jakarta salah satu isinya memerintahkan untuk ‘tidak mengadakan kegiatan yang menimbulkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak, termasuk kegiatan olahraga’.

Namun demikian, hal ini terlihat bertolak belakang dengan kegiatan bersepeda yang diadakan Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol. Royke Lumowa dan jajaran serta Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL).

Kegiatan ini menuai kritik di media sosial (medsos) lantaran dianggap tak patuh terhadap maklumat Kapolri. Acara bersepeda tersebut dikritik pemilik akun Facebook Ricky C Sondakh yang mengunggah foto kegiatan bersepeda tersebut disandingkan dengan foto maklumat Kapolri.

Tangkapan layar postingan Ricky C Sondakh pun viral beredar di grup WhatsApp. Isinya, “Kepada yth Bapak Kapolda Sulut dan Wali Kota Manado, apakah imbauan Presiden dan Kapolri untuk pencegahan penyebaran Covid 19 dengan socil distancing tidak berlaku bagi para pejabat??? Miris saya melihat, paradoks antara imbauan dengan kenyataan. Gimana masyarakat akan patuh jika para pemimpinnya tidak memberi contoh??? Bagaimana perasaan tenaga medis dan para medis yang lagi berhadapan dgn Pandemi Virus ini? Bagaimana dengan jemat gereja yg besok tidak bisa beribadah di gereja, diimbau di rumah saja, dan masyarakat disuruh di rumah saja sedangkan para pejabat bersepeda santai bergerombok??? Bingung saya,” tulis akun Facebook, Ricky C Sondakh, seperti yang beredar pada Minggu (22/3/2020).

Menanggapi hal tersebut, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol. Jules Abraham Abast mengklarifikasi kegiatan bersepeda dilaksanakan pada Sabtu (21/3) pagi itu.

Ia berdalih saat itu pihaknya belum menerima maklumat Kapolri. “Acaranya pagi. Saat itu belum menerima (maklumat Kapolri),” kata Jules. BN01 -SULUT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *