Bripka Anton Otemusu, S.Sos Bersama Istri Aplikasikan Rumusan Tugas Bhabinkamtibmas

Bripka Anton Otemusu, S.Sos Bersama Istri Aplikasikan Rumusan Tugas Bhabinkamtibmas

TUGAS Polri di seluruh wilayah Indonesia yaitu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Anggota Polri yang berada di desa, yakni Bhabinkamtibmas mempunyai tugas di desa/kelurahan sesuai rumusan tugas pokoknya yang meliputi, melakukan pendekatan dan membangun kepercayaan terhdap masyarakat, melakukan upaya pencegahan tumbuhnya penyakit masyarakat dan membantu penanganan rehabilitasi yang terganggu.

Selain itu melakukan upaya peningkatan daya tangkal dan daya cegah warga masyarakat terhadap timbulnya gangguan kamtibmas, membimbing masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam rangka pembinaan kamtibmas secara swakarsa di desa/kelurahan, memberikan bantuan dalam rangka penyelesaian perselisihan warga masyarakat yang dapat mengganggu ketertiban umum.

Bhabinkamtibmas juga memiliki tugas memberikan petunjuk dan melatih masyarakat dalam rangka pengamanan lingkungan, memberikan pelayanan terhadap kepentingan warga masyarakat untuk sementara waktu sebelum ditangani pihak yang berwenang, menghimpun informasi dan pendapat dari masyarakat untuk memperoleh masukan atas berbagai isu atau kisaran suara yang tentang penyelenggaraan fungsi dan tugas pelayanan kepolisian serta permasalahan yang berkembang dalam masyarakat.

Untuk mengaplikasikan rumusan tugas Bhabinkamtibmas, Bripka Anton Otemusu, S.Sos bersama istrinya Kristina Winarti, A.Md mewujudkannya dengan cara membagi-bagikan sembako, sedangkan istrinya yang kebetulan juga seorang tenaga medis memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat yang terkena dampak Pendemi Covid-19 di Desa Junjung Permai, Kecamatan Belimbing Hulu, Kabupaten Melawi, Provinsi Kalbar

Adapun sembako yang dibagikan sebanyak 20 paket, tiap paket terdiri dari beras 5 kg, minyak goreng 1 kg, gula 1 kg, teh 1 kotak, garam da masker 10 buah.

Sedangkan untuk pengobatan secara gratis dilakukan oleh istrinya dengan memberi vitamin dan obat setelah dilakukan pemeriksaan.

“Tindakan yang dilakukan ini tiada lain hanya untuk mendukung tugas suami sebagai anggota Bhabinkamtibmas dan rasa kepedulian terhadap kondisi yang saat ini terjadi di wilayah kami,” ungkap Kristina Winarti Bhayangkari Polres Melawi. BN – KALBAR

Facebook Comments
Baca Juga:  Makamkan Jenazah Pasien Covid-19, Kapolres Wonosobo Dapat Apresiasi dari Kapolda Jateng